Senin, 13 Agustus 2012

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU


Wow,, Pasta Gigi dari Cangkang Kerang

Posted: 13 Aug 2012 09:46 AM PDT


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Cangkang kerang menjadi pasta gigi? Itulah adanya. Melalui pengolahan sederhana dengan biaya yang sangat murah, Farah Adrienne (16) dan Amalia Nur Alifah (17), ketika duduk di bangku kelas XII SMA Negeri 3 Semarang, menciptakannya.

Pasta gigi dari cangkang kerang itu meraih medali perunggu pada ajang International Environmental Project Olympiad 2012 di Istanbul, Turki, 19-22 Mei lalu. Karya berjudul "Clamshell as Environment Friendly Toothpaste" itu bersaing dengan 125 karya dari 55 negara.

Sebelum dikirim ke Turki, keduanya juga meraih medali perak pada ajang 4th Indonesian Science Project Olympiad 2012, 22-24 Februari lalu, di Balairung Universitas Indonesia.

Selain memanfaatkan limbah, pasta gigi dari cangkang kerang itu juga ramah lingkungan, tanpa unsur sodium lauryl sulfate (SLS) yang dipakai pada pasta gigi umumnya. Dari penelitian dan uji coba beberapa kali, mereka menemukan pasta gigi tak harus menggunakan unsur SLS.

"Umumnya yang kita pakai berbusa karena menggunakan SLS yang berfungsi sebagai detergen. Kami membuat pasta gigi ini tanpa SLS untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang mengira busa pasta gigi bikin bersih. Padahal, belum tentu benar karena SLS mencemari lingkungan," papar Farah dan Amalia di Semarang, Jawa Tengah, Kamis lalu.

Hasil pengujian di laboratorium, pasta gigi yang dihasilkan Farah dan Amalia mengandung kalsium sebesar 20.255 part per million, sesuai kandungan kalsium pada pasta gigi umumnya.

Keduanya juga mencoba pasta gigi dari cangkang kerang tersebut dengan uji organoleptik (uji indra) melalui teman-teman siswa dan keluarga. "Pasta gigi buatan kami kami uji coba kepada 50 orang," kata Farah.

Terbukti kekesatannya sampai 80 persen dan 100 persen terasa lebih bersih setelah pakai pasta gigi itu. "Rasa segar yang dihasilkan sekitar 60 persen," ujar Amalia yang lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung.

Berawal dari limbah

Pembuatan pasta gigi dari limbah cangkang itu berawal dari ketertarikan Farah dan Amalia terhadap limbah cangkang kerang saat sekolah mereka menggelar kegiatan science camp akhir tahun 2011. Kegiatan itu bertujuan mendorong siswa peka terhadap lingkungan.

Saat itu, siswa dilepas di Pantai Morosari, Demak. Guru meminta mereka mencari sebuah masalah yang diteliti dan diselesaikan. Melihat limbah cangkang kerang, pikiran kedua siswa peserta program akselerasi itu langsung tertuju pada pasta gigi.

"Kami belajar biologi, kerang itu mengandung kalsium. Nah, kami berpikir kalau kerang mengandung kalsium, berarti bisa dibuat pasta gigi agar bikin gigi kuat," tutur Amalia.

Berbekal informasi dari berbagai referensi, termasuk di internet, keduanya mulai mengumpulkan limbah cangkang kerang di Pantai Maron, Semarang. Dari sanalah proses penelitian hingga pembuatan pasta gigi berawal.

Cara manual

Untuk membuat pasta gigi dari cangkang kerang, mereka mencuci cangkang hingga bersih, kemudian cangkang ditumbuk manual menggunakan lumpang kecil dari batu. Setelah benar-benar halus, cangkang disaring (diayak), kemudian dicampur magnesium karbonat (MgCO3), selanjutnya dicampur lagi dengan gliserin untuk membentuk gel.

Tahap berikutnya, menambah minyak pepermin yang berfungsi sebagai penyegar setelah orang menggunakan pasta gigi tersebut, termasuk menambahkan ekstrak daun sirih sebagai antikuman.

"Supaya warnanya agak menarik, kami menggunakan pewarna bahan makanan yang warna hijau," kata Farah yang lolos SNMPTN pada Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pasta yang sudah jadi tersebut kemudian dimasukkan ke wadah khusus pasta gigi yang dibeli di toko kimia. Saat memasukkan pasta ke tube, mereka kesulitan sebelum ada guru pembimbing yang mengajarkan cara membuat alat seperti suntikan untuk memasukkan pasta ke tube.

Untuk menghasilkan pasta gigi sebanyak 380 gram, keduanya membutuhkan 100 gram bubuk cangkang kerang (sekitar 200-300 gram cangkang kerang), 100 gram MgCO3, 250 cc gliserin, dan 5 cc pepermin. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan pasta gigi sebanyak itu sekitar 1,5 jam.

Mengenai biaya pembuatan pasta gigi dari cangkang kerang, Farah dan Amalia menegaskan, jika dikonversikan dengan pembelian pasta gigi umumnya seberat 380 gram, pasta gigi karya mereka lebih murah. "Pembuatan pasta gigi sebanyak 380 gram hanya menghabiskan biaya Rp 10.000-Rp 12.000. Sementara kalau beli pasta gigi lain seberat itu lebih dari Rp 20.000," ujar Farah.

Kini, mereka sedang mengurus paten produk. Produksi massal? Mereka menanti ada investor yang berminat.

sumber

Jenazah yang Tetap Utuh Setelah 130 Tahun

Posted: 13 Aug 2012 09:25 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Pada tanggal 7 Januari 1844, dari pasangan Francois Soubirous -seorang pengusaha penggilingan gandum yang jatuh miskin- dan isterinya, Louise Casterot, lahirlah seorang bayi, anak mereka yang sulung. Bayi itu mereka beri nama Marie Bernarde. Karena perawakannya yang kecil mungil, anak itu kemudian biasa dipanggil Bernadette (Bernarde kecil).



Sejak bayi kesehatan Bernadette kurang baik. Ia selalu saja menderita sakit, terutama asma. Bukannya mengeluh, tetapi Bernadette mempersembahkan semua penderitaannya kepada Tuhan sebagai silih demi pertobatan orang-orang berdosa.

Bagi Bernadette, sakit juga bukan berarti bebas dari segala tugas dan kewajiban. Ia tetap harus membantu ibunya mengasuh kelima adiknya. Dan ketika Bernadette telah dianggap cukup umur, ia pun harus bekerja sebagai pembantu dan penggembala ternak.

Suatu hari, pada tanggal 11 Februari 1858, suatu peristiwa yang luar biasa terjadi. Ketika ia bersama seorang adik dan seorang temannya sedang mencari kayu bakar di padang, Bunda Maria menampakkan diri kepadanya di sebuah gua yang disebut Massabielle (=Batu Besar), di tepi sungai Gave dekat kota Lourdes.

Bernadette tidak tahu siapa wanita cantik itu dan apa yang ia inginkan. Bunda Maria menampakkan diri kepadanya sebanyak 18 kali. Pada tanggal 25 Maret 1858, pada penampakannya yang ke-16, Bunda Maria mengungkapkan siapa dirinya, "Akulah yang Dikandung Tanpa Dosa." ('Que Soy Era Immaculada Conceptiou' atau 'I Am The Immaculate Conception').





Setelah peristiwa penampakan itu Bernadette semakin banyak menderita, baik karena kecurigaan orang-orang yang tidak mau percaya, oleh perhatian berlebihan dari mereka yang percaya serta ancaman dari penguasa setempat. Semuanya itu ditanggungnya dengan tabah dan sabar.

Pada usia 22 tahun, Bernadette menggabungkan diri dengan Suster-suster Karitas di Nevers, Perancis. Tiga belas tahun lamanya ia tinggal di biara dan sebagian besar dari waktu tersebut dihabiskannya di tempat tidur karena sakit yang dideritanya.

"Pekerjaanku semakin maju," kata Bernadette.
"Pekerjaan apa?" tanya seorang suster keheranan.
"Pekerjaan bersakit-sakit!" jawabnya sambil tersenyum.
Bernadette seorang yang sangat rendah hati. Lebih dari apa pun, ia tidak ingin dipuji. Suatu ketika seorang suster bertanya kepadanya apakah ia merasa bangga karena dipilih oleh Bunda Maria. "Bagaimana mungkin," Bernadette cepat-cepat menjawab, "Bunda Maria memilih saya justru karena saya inilah yang paling hina." Suatu jawaban dari kerendahan hati yang paling dalam!

Bernadette wafat pada tanggal 16 April 1879 dalam usia 35 tahun karena penyakit tuberculosis. Tubuhnya masih utuh hingga kini meskipun ia telah meninggal lebih dari seabad yang lalu. Pada tahun 1933 Bernadette diangkat sebagai santa oleh Paus Pius XI. Pestanya dirayakan pada tanggal 16 April.


Lourdes
Tempat Bernadette melihat penampakan Bunda Maria menjadi lokasi peziarah umat Katolik dunia. Konon, saat Bunda Maria muncul, Bernadette diminta meminum dari sumber air dalam gua. Namun, tak ada sumber air sama sekali di sana. Bernadette pun menggali di suatu tempat yang ditunjukkan kepadanya. Ajaib, dari tempat tersebut memancar mata air.





Air yang hingga kini masih memancar itu dipercaya mempunyai daya penyembuhan yang luar biasa, meskipun para ahli ilmu pengetahuan tidak dapat menemukan adanya zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.

sumber

5 Kekuatan Super Hero Yang Telah Diwujudkan Melalui Teknologi

Posted: 13 Aug 2012 09:11 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU |

1. SUPERMAN'S X-RAY VISIONS ABILITY



Camero's Xaver 800 produk yang menggunakan radar gelombang mikro untuk menembus dinding dan proyek pencitraan 3-D dari apa pun yang bersembunyi di balik dinding-dinding. Menurut perusahaan alat ini dapat menembus, dinding tua biasa, batu bata tanah liat, blok sinder dan bahkan struktur beton bertulang, semuanya ditembus Xaver 800, walaupun seperti Superman, alat ini juga punya punya kryptonite (kelemahan) nya, perangkat tidak dapat melihat melalui logam solid.









Perusahaan-perusahaan lain juga masuk ke bisnis visi sinar-X. Fisik Optik Corporation menawarkan perangkat genggam yang disebut LEXID, yang dapat mengungkapkan selundupan tersembunyi di balik tembok, di mobil dan dalam wadah lain


2. SPIDERMAN'S STICK TO WALL ABILITY



Para ilmuwan telah bekerja untuk mengembangkan perekat sintetis yang meniru cicak selama bertahun-tahun, dan seperti sebuah penemuan sangat dekat untuk menjadi kenyataan, berkat metode baru yang menggunakan plastik untuk membuat struktur mikroskopis serupa





Dalam semua kemungkinan, ruang akan menjadi tujuan pertama untuk perekat kering baru. Saat ini, idenya adalah bahwa teknologi akan membantu robot dalam eksplorasi batas akhir, bagaimanapun, itu sepenuhnya masuk akal bahwa prinsip yang sama pada akhirnya dapat diterapkan untuk menggantikan perekat sehari-hari dimana orang terbiasa


3. HULK'S SUPER STRENGTH



Berkley Bionics dan Lockheed Martin Human Universal Load Carrier (HULC) exoskeletons adalah contoh dari inovasi tersebut. HULC, melalui kaki titanium nya, mengubah pemakainya menjadi kuat.





Kaki titanium dipasang ke bingkai backpacklike, yang rumah unit tenaga dan mikrokomputer on-board kecil. Salah satu fitur HULC paling mengesankan adalah fakta bahwa ia tidak memerlukan joystick atau mekanisme kontrol manual. perangkat dapat merasakan gerakan dimaksudkan operator, dan bereaksi sesuai keinginan




4.NEO'S STOPPING BULLET ABILITY



IBM mengajukan paten untuk Bionic Body Armor, yang akan menyelesaikan tugas-tugas tersebut, pada awal 2009. Perangkat akan telah mendorong kejutan kepada pemakainya yang pada gilirannya akan menyebabkan gerakan refleksif dalam arah yang berlawanan dari sebuah proyektil mengancam.





Smart armor masih sedang dikembangkan dalam bentuk cairan pelindung tubuh. Satu versi menggunakan cairan magnetorheological (MFS), yang menebal bila terkena medan magnet, dan lainnya menggunakan cairan geser-penebalan (STFs), yang mengeras bila gelisah atau disambar paksa oleh suatu objek.


5. STORM'S WEATHER MANIPULATE ABILITY



Di awal tahun 1998 sebuah projek yang bernama HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program) dicurigai tengah mengembangkan sebuah senjata pamungkas berdasarkan konsep-konsep "mesin gempa bumi" Nikola Tesla. Projek ini menurut sebagian kalangan bertanggungjawab terhadap beberapa peristiwa gempa besar, seperti gempa bumi 7,8 skala Richter (SR) di Sichuan China 12 Mei 2008, gempa bumi 7,0 SR di Haiti 12 Januari 2010, dan gempa bumi 8,8 SR di Chile 27 Februari 2010.



Ketika Haiti diguncang gempa bumi berkekuatan 7,0 SR pada 12 Januari 2010 dan menewaskan sekitar 200.000 orang, banyak media massa yang melansir pernyataan Presiden Hugo Chavez kepada surat kabar Spanyol ABC. Dalam berita disebutkan pemimpin Venezuela itu menuduh AS menyebabkan kehancuran di Haiti dengan menguji coba "senjata tektonik". Media massa Venezuela pun melaporkan bahwa gempa bumi ini mungkin terkait dengan projek yang disebut HAARP, sebuah sistem yang dapat menghasilkan perubahan iklim yang tak terduga dan keras.

Salah seorang pakar dari Phillips Geophysics Lab yang ambil bagian dalam projek HAARP pernah mengungkapkan adanya riset yang diarahkan untuk menciptakan perangkat-perang-kat pemicu bencana alam. Menurutdia, AS pernah menggunakan gelombang elektromagnetik berfrekuensi sangat rendah (extremely low frequency, ELF) yang mampu menembus lapisan tanah dan lautan hingga ratusan kilometer di dalam perut bumi. Melalui modifikasi khusus, gelombang itu mampu menggerakkan lempeng tektonik bumi.
Pembuatan senjata semacam ini memang telah diprediksi sebelumnya. Mantan penasihat keamanan Gedung Putih Zbigniew Brzezinski dalam bukunya "Between Two Ages," menulis, "teknologi akan menyediakan teknik untuk melakukan peperangan rahasia yang hanya membutuhkan sedikit pasukan, seperti teknik memodifikasi cuaca yang dapat menimbulkan badai yang berkepanjangan."

Keberadaan senjata jenis ekologi bukanlah fiksi ilmiah. Seorang pakar kesehatan dan lingkungan bernama Dr. Rosalie Bertell mengonfirmasi bahwa militer AS sedang mengerjakan sebuah sistem pengatur cuaca sebagai senjata potensial. Metodenya termasuk mengendalikan badai dan mengatur arah penguapan air di atmosfer bumi untuk menghasilkan banjir di tempat tertentu. Dugaan ini pun diperkuat Marc Fil-terman, mantan pejabat militer Prancis yang mengatakan AS telah memiliki teknologi untuk memanipulasi frekuensi radio untuk melepaskan kondisi cuaca tertentu seperti badai dan topan

sumber

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (3-habis)

Posted: 13 Aug 2012 04:13 AM PDT

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (3-habis)

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Ada kisah yang menarik dari Khalid bin Walid. Dia memang sempurna di bidangnya; ahli siasat perang, mahir segala senjata, piawai dalam berkuda, dan karismatik di tengah prajuritnya. Dia juga tidak sombong dan lapang dada walaupun dia berada dalam puncak popularitas.

Hal ini ditunjukkannya saat Khalifah Umar bin Khathab mencopot sementara waktu kepemimpinan Khalid bin Walid tanpa ada kesalahan apa pun. Menariknya, ia menuntaskan perang dengan begitu sempurna. Setelah sukses, kepemimpinan pun ia serahkan kepada penggantinya, Abu Ubaidah bin Jarrah.

Khalid tidak mempunyai obsesi dengan ketokohannya. Dia tidak menjadikan popularitas sebagai tujuan. Itu dianggapnya sebagai sebuah perjuangan dan semata-mata mengharapkan ridha Sang Maha Pencipta. Itulah yang ia katakan menanggapi pergantiannya, "Saya berjuang untuk kejayaan Islam. Bukan karena Umar!"

Jadi, di mana pun posisinya, selama masih bisa ikut berperang, stamina Khalid tetap prima. Itulah nilai ikhlas yang ingin dipegang seorang sahabat Rasulullah seperti Khalid bin Walid.

Khalid bin Walid pun akhirnya dipanggil oleh Sang Khaliq. Umar bin Khathab menangis. Bukan karena menyesal telah mengganti Khalid. Tapi ia sedih karena tidak sempat mengembalikan jabatan Khalid sebelum akhirnya "Si Pedang Allah" menempati posisi khusus di sisi Allah SWT.

sumber

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (2)

Posted: 13 Aug 2012 04:11 AM PDT

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (2)

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Pada masa pemerintahan Abu Bakar, Khalid bin Walid ditunjuk menjadi panglima pasukan Islam sebanyak 46.000, menghadapi tentara Byzantium dengan jumlah pasukan 240.000. Dia sama sekali tidak gentar menghadapinya, dia hanya khawatir tidak bisa mengendalikan hatinya karena pengangkatannya dalam peperangan yang dikenal dengan Perang Yarmuk itu.

Dalam Perang Yarmuk jumlah pasukan Islam tidak seimbang dengan pihak musuh yang berlipat-lipat. Ditambah lagi, pasukan Islam yang dipimpin Khalid tanpa persenjataan yang lengkap, tidak terlatih dan rendah mutunya. Ini berbeda dengan angkatan perang Romawi yang bersenjata lengkap dan baik, terlatih dan jumlahnya lebih banyak.

Bukan Khalid namanya jika tidak mempunyai strategi perang, dia membagi pasukan Islam menjadi 40 kontingen dari 46.000 pasukan Islam untuk memberi kesan seolah-olah pasukan Islam terkesan lebih besar dari musuh.

Strategi Khalid ternyata sangat ampuh. Saat itu, taktik yang digunakan oleh Romawi terutama di Arab utara dan selatan ialah dengan membagi tentaranya menjadi lima bagian; depan, belakang, kanan, kiri dan tengah. Heraklius telah mengikat tentaranya dengan besi antara satu sama lain. Ini dilakukan agar mereka jangan sampai lari dari peperangan.

Kegigihan Khalid bin Walid dalam memimpin pasukannya membuahkan hasil yang membuat hampir semua orang tercengang. Pasukan Islam yang jumlahnya jauh lebih sedikit itu berhasil memukul mundur tentara Romawi dan menaklukkan wilayah itu.

Masih pada pemerintahan Abu Bakar, Khalid bin Walid dikirim ke Irak dan dapat menguasai Al-Hirah pada 634 M. kemudian Khalid bin Walid diperintahkan oleh Abu Bakar meninggalkan Irak untuk membantu pasukan yang dipimpin Usamah bin Zaid.

Bersambung

sumber

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (1)

Posted: 13 Aug 2012 04:07 AM PDT

Khalid bin Walid, Pedang Allah yang Terhunus (1)

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Khalid bin Walid adalah seorang panglima perang yang termasyhur dan ditakuti di medan tempur. Ia mendapat julukan "Pedang Allah yang Terhunus". Dia adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang karirnya.

Khalid termasuk di antara keluarga Nabi yang sangat dekat. Maimunah, bibi Khalid, adalah istri Nabi. Dengan Umar sendiri pun Khalid ada hubungan keluarga, yakni saudara sepupunya. Suatu hari pada masa kanak-kanaknya kedua saudara sepupu ini main adu gulat. Khalid dapat mengalahkan Umar.

Awalnya Khalid bin Walid adalah panglima perang kaum kafir Quraisy yang terkenal dengan pasukan kavalerinya. Pada saat Perang Uhud, Khalid yang melihat celah kelemahan pasukan Muslimin yang menjadi lemah setelah bernafsu mengambil rampasan perang dan turun dari Bukit Uhud, langsung menghajar pasukan Muslim pada saat itu. Namun justru setelah perang itulah Khalid masuk Islam.

Ayah Khalid, Walid bin Mughirah dari Bani Makhzum adalah salah seorang pemimpin yang paling berkuasa di antara orang-orang Quraisy. Dia orang yang kaya raya. Dia menghormati Ka'bah dengan perasaan yang sangat mendalam. Sekali dua tahun dialah yang menyediakan kain penutup Ka'bah. Pada masa ibadah haji dia memberi makan dengan cuma-cuma bagi semua orang yang datang berkumpul di Mina.

Suku Bani Makhzum mempunyai tugas-tugas penting. Jika terjadi peperangan, merekalah yang mengurus gudang senjata dan tenaga tempur. Suku inilah yang mengumpulkan kuda dan senjata bagi prajurit-prajurit.

Ketika Khalid bin Walid masuk Islam, Rasulullah sangat bahagia, karena Khalid mempunyai kemampuan berperang yang dapat membela panji-panji Islam dan meninggikan kalimatullah dengan perjuangan jihad. Dalam banyak kesempatan Khalid diangkat menjadi panglima perang dan menunjukkan hasil kemenangan atas segala upaya jihadnya.

Bersambung

sumber

Wow,, Kamera Ponsel Masa Depan Bisa Tembus Dinding dan Baju

Posted: 13 Aug 2012 01:08 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Para Peneliti dari University of Texas berhasil menciptakan teknologi yang memungkinkan kamera ponsel dapat membidik objek meski terhalang oleh dinding. Dr. Kenneth O yang memimpin penelitian tersebut menyatakan bahwa Dengan teknologi ini, kamera ponsel juga bisa memotret objek yang ada di balik kain, kayu, plastik, dan kertas.


Kamera ini bekerja dengan bantuan sebuah Chip yang bekerja di jaringan Terahertz (THz) yang membuat objek yang terhalang tembok atau benda lainnya bisa tertangkap. Jaringan ini merupakan salah satu rangkaian panjang gelombang yang ada di antara gelombang mikro dan sinar infra merah.

Chip ini natinya akan di gunakan bersaman dengan chips CMOS karena harganya yang terjangkau dan banyak digunakan di berbagai produk sehari-hari, seperti komputer, ponsel pintar, TV definisi tinggi dan konsol game. Sehinga biyaya yang di keluarkan untuk mendapatkan cips ini menjadi cukup murah.

Namun, karena alasan privasi para pengguna dan agar tidak disalahgunakan, Dr. Kenneth O dan tim fokus mengembangkan perangkat tersebut untuk penggunaan dengan rentang jarak kurang dari empat inci. Mungkin kalau bisa digunakan untuk memotret tembus pandang jarak jauh, takut digunakan untuk hal-hal negatif.

sumber

Ajaib! Sajadah Ini Bercahaya Saat Menghadap Kiblat

Posted: 13 Aug 2012 01:01 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Jika Anda sedang bepergian, terutama bepergian ke luar negeri, tentunya Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti arah kiblat untuk sholat tanpa bantuan alat lain seperti misalnya kompas. Namun kini ditemukan sebuah teknologi yang memberi solusi terhadap masalah itu. Teknologi itu adalah sebuah sajadah yang bercahaya saat menghadap kiblat.


El Sajjadah

Sajadah yang diberi nama El Sajjadah ini merupakan temuan dari seorang inventor asal Turki bernama Soner Ozenc. Kini ia tinggal di London, Inggris.
Sayangnya, hingga saat ini El Sajaddah belum bisa diproduksi secara massal karena kekurangan dana. Paling tidak, proyek ini membutuhkan dana sebesar $100 ribu (sekitar Rp 1 miliar) untuk bisa diproduksi dan Ozenc pun kini sedang berusaha mengumpulkan dana melalui situs Kickstarter.com.


Semakin menjauhi kiblat, cahayanya semakin redup

Ozenc juga memberikan janji jika penggalangan dana berjalan sukses, maka donatur yang menyumbangkan dana minimal $500 (sekitar Rp 5 juta) akan mendapat keuntungan menjadi pemilik El Sajjadah yang pertama.
Ozenc mengatakan bahwa selama ini tidak ada keluhan mengenai sajadah ini. Hanya saja cahayanya terlalu kuat dan bisa mengganggu kekhusyuan saat sedang sholat. Namun masalah ini dapat diselesaikan hanya dengan menekan tombol "off" yang berada di sisi sajadah tersebut.

Nama El Sajjadah berasal dari gabungan kata EL (Electro Luminescent) dan Sajadah. Untuk bisa memancarkan cahaya, sajadah ini ditanamkan semacam komputer kecil dan kompas digital sehingga saat menghadap kiblat, sajadah ini akan bercahaya di bagian pattern (pola/motif) yang ada pada sajadah itu. Dalam hal ini, pattern-nya adalah Masjid Biru di Istanbul, Turki.


Pattern pada El Sajjadah

Selain sebagai penunjuk arah kiblat, sajadah ini juga berguna sebagai penerang ruangan dengan cara menggantungkannya di dinding.
Saat ini, Ozenc bersama teman-temannya sudah menginvestasikan $30 ribu (sekitar Rp 300 juta) unuk proyek ini. Sedangkan situs Kickstarter.com baru terkumpul sebanyak $7 ribu (sekitar Rp 70 juta) dari targetnya semula.

sumber

10 Teori Tentang Misteri Segitiga Bermuda

Posted: 13 Aug 2012 12:45 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Asal kata Segitiga Bermuda, seperti yang kita sebut hari ini, diciptakan oleh penulis Vincent Gaddis pada tahun 1964 ketika ia menulis sebuah cerita sampul untuk majalah Argosy tentang menghilangnya Penerbangan 19 secara misterius. Juga dikenal sebagai 'Segitiga Setan' atau 'Pulau Setan',

Menurut banyak ilmuwan hari ini, bagaimanapun batas-batas misteri itu didefinisikan antara fantasi dan fiksi. Segitiga Bermuda sangat dikenal sebagai tempat dimana kapal-kapal dan pesawat telah menghilang secara lebih misterius , tapi mengapa?

Berikut adalah sepuluh alasan yang banyak diyakini orang tentang Segitiga Bermuda dengan reputasi sebagai pusat cerita misteri, seperti tentang penculikan mahluk asing, kapal hantu, monster laut, portal waktu, dan kegilaan serta kekacauan lainnya.


10. Sisa teknologi dari kota Atlantis yang hilang



Dari berbagai klaim tentang Segitiga Bermuda, salah satu dugaan adalah bahwa tempat itu adalah lokasi kota Atlantis yang hilang. Edgar Cayce meramalkan bahwa pada tahun 1968 arkeolog akan menemukan pintu masuk ke kota Atlantis tenggelam di dekat Bimini di Segitiga Bermuda.
Pada saat itu batu yang membentuk dinding ditemukan terbenam secara disengaja di sebuah pulau di Bahama dan banyak yang beranggapan ini adalah bukti dari kota Atlantis yang hilang.

Menurut legenda, kota Atlantis mempunyai pembangkit energi dari kristal dimana sampai hari ini masih mengirimkan gelombang energi, karena lokasi kristal yang terkubur di bawah laut yang menyebabkan kapal dan pesawat akan terganggu pada peralatan navigasinya.
Teori konspirasi hari ini juga berspekulasi tentang sebuah pangkalan militer di bawah air yang dikenal sebagai Underwater Area 51, salah satu alasan untuk misteri di Segitiga Bermuda.

9. Mesin Waktu



Teori ini masuk di nomor 9 karena kurangnya bukti yang serius. Beberapa laporan mengatakan bahwa sebanyak 1.000 jiwa telah hilang dalam 500 tahun terakhir dan bahwa lebih dari 50 kapal dan 20 pesawat telah hilang dalam 1 abad terakhir.
Angkatan Laut AS dan Coast Guard mengatakan ada bukti kegiatan yang tidak biasa di daerah tersebut. Lalu apakah ada hubungannya dengan perjalanan waktu?

Dugaan ini masih luas beredar di kalangan masyarakat dunia. Namun, ada yang berpikir Segitiga Bermuda memiliki 'lubang biru' dianggap sisa-sisa lubang cacing dimana alien lintas dimensi melakukan perjalanan ke Bumi.

8. Penculikan Oleh Alien



Teori Penculikan Alien di segitiga bermuda ada di nomor 8 karena teori itu begitu populer namun sepertinya tidak mungkin. Kecelakaan 'misterius' di daerah itu meningkat pada tahun 1967 dengan press release oleh National Geographic Society merinci fenomena aneh di dalam dan sekitar Segitiga.

Tentu saja penculikan alien bukan dugaan, tapi orang-orang segera mulai mengisi kekosongan dengan penjelasan seperti alien mengganggu peralatan navigasi untuk menculik orang.
Kabut psikedelik tahun enam puluhan mulai diangkat sebagai isu saat orang-orang pindah ke 70-an, tetapi gagasan alien berlanjut lama setelah tahun 60-an menjadi memori transendental.

Sebuah pencarian besar di darat dan laut dilakukan untuk menemukan 5 torpedo bomber Angkatan Laut yang menghilang saat melakukan penerbangan rutin serta pesawat penyelamat yang hilang setelah dikirim untuk mencari kru yang hilang.
Penerbangan 19 terdiri dari 13 awak, dan sampai sekarang korban dan puing-puing pesawat tidak pernah diketemukan, termasuk pesawat penyelamat yang terdiri dari 14 orang lainnya yang bermaksud menjadi tim pencari.

7. Serangan yang disengaja untuk menghancurkan



Jauh lebih masuk akal, meski jauh lebih tragis, adalah serangan yang disengaja untuk penghancuran..
Meskipun dalam penerbangan 19 tadi, tidak ada bukti untuk dugaan bahwa pesawat hilang karena serangan yang disengaja, banyak yang percaya ini adalah alasan bagi banyak pesawat dan kapal hilang lainnya di daerah Segitiga Bermuda.

Tindakan penghancuran sengaja mencakup tindakan perang dan pembajakan. Catatan dalam file musuh selama Perang Dunia telah mendokumentasikan banyak kerugian, dan orang-orang yang tidak tercatat, banyak yang diasumsikan telah tenggelam oleh salah satu perampok permukaan atau kapal selam.
Pembajakan oleh Bajak laut, perompak, atau bahkan penyelundup obat bius. Sampai hari ini banyak catatan peristiwa tentang hilangnya kapal karena pembajakan di laut terbuka meskipun Kapten Blackbeard si bajak laut legendaris itu sudah lama tiada

6. Gas Metan



Salah satu Penjelasan tentang segitiga bermuda sebagai laut pemangsa misterius adalah Gas Metan. Teori ini telah difokuskan pada kehadiran bidang besar gas alami yang disebut metana.

Percobaan laboratorium telah membuktikan bahwa gelembung metana memang bisa menenggelamkan kapal dengan mengurangi kepadatan dari air dengan puing-puing dasar laut dan busa yang sangat mungkin untuk naik ke permukaan untuk kemudian dengan cepat menggulingkan kapal.
Teori ni memiliki bukti tambahan dengan peristiwa letusan 'gunung lumpur' yang dapat menghasilkan air berbusa yang tidak lagi mampu memberikan daya apung yang memadai untuk kapal, menyebabkan mereka tenggelam sangat cepat tanpa peringatan.

Telah diketahui dari percobaan bahwa gas metana juga dapat mempengaruhi pesawat serta kapal. Publikasi oleh USGS menjelaskan tentang persediaan besar hidrat bawah laut di seluruh dunia.
Tetapi menurut dokumen lainnya, tidak ada rilis besar gas yang diyakini telah terjadi di Segitiga Bermuda selama 15.000 tahun terakhir.

5. Medan Magnet



Kecelakaan aneh di Segitiga Bermuda telah dikaitkan dengan bukti masalah kompas dan navigasi, membuat bidang geomagnetik sebagai kasus nyata, dan teori masuk akal untuk penghilangan yang terjadi di Bermuda.
Masalah dengan peralatan magnetik dari medan geomagnetik adalah 5 dari sepuluh alasan utama Segitiga Bermuda menjadi begitu membingungkan.

Banyak teori bahwa ada anomali magnetik di daerah tersebut dan bahwa wilayah ini termasuk salah satu dari hanya dua tempat di bumi di mana kutub utara dan magnet utara membujur yang dapat menhasilkan bervariasi hasil pada peralatan navigasi.

Dalam kaitannya dengan teori 'kabut elektronik' oleh Rob MacGregor dan Bruce Gernon, badai elektromagnetik yang kuat dari dalam bumi menembus ke permukaan dan datang ke atmosfir, lalu meninggalkan kabut di belakangnya.

4. Variasi Arus Teluk



Arus Teluk hampir seperti sebuah sungai dalam laut yang berasal dari Teluk Meksiko dan mengalir melalui Selat Florida ke Atlantik Utara.
Ini mencakup 40 sampai 50 mil luas wilayah dan dapat membawa puing-puing hingga kecepatan permukaan 5,6 mil per jam untuk 2-4 simpul arus dan hal ini tergantung pada pola cuaca.

Arus Teluk dapat dengan mudah memindahkan pesawat atau kapal tentunya, dan selanjutnya, Segitiga Bermuda termasuk sebagai beberapa palung laut terdalam di dunia, yang terdalam mendekati hampir 10.000 meter di bawah laut.

Kapal tetap sangat mungkin ditelan oleh laut ke parit jika tidak oleh arus. Tanpa diduga gelombang tinggi juga telah dilaporkan hingga delapan puluh meter di luar Arus Teluk, menambah sulitnya mencari kapal dan pesawat hilang di laut

3. Gelombang dan Perubahan Cuaca yang Cepat



Badai Karibia Atlantik menghasilkan cuaca tak terduga dan pusaran air dalam area Segitiga Bermuda menjadi salah satu penyebab terbesar misteri lenyapnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda.
Menurut Norman Hooke yang bekerja untuk Lloyd's Maritime Information Services di London, "Semua kecelakaan hanya akibat cuaca yang buruk."

Badai destruktif di daerah tersebut terdokumentasi dengan baik begitu juga dengan gelombang besar yang tiba-tiba menenggelamkan kapal. Penelitian satelit terbaru telah membuktikan satu gelombang tunggal mencapai setinggi 80 kaki atau lebih tinggi di daerah laut terbuka.

2. Human Error



Disorientasi spasial dan kebingungan sensorik, jarang dilakukan pilot tetapi menjadi alasan yang nyata untuk kecelakaan pesawat terbang (87 % disebabkan human eror). Juga fakta bahwa Segitiga Bermuda menjadi daerah yang ramai lalu lintasnya, daripada di daerah lain, menyebabkan kecelakaan lebih banya terjadi.
Kesalahan manusia kemungkinan besar nomor satu yang menjadi penyebab kematian di bermuda tapi ada sesuatu yang lebih besar yang mungkin yang menjadi penyebab dari segala spekulasi.

1. Mitos dan Ramalan

Satu-satunya penjelasan adalah tidak ada penjelasan, Segitiga Bermuda didasarkan pada takhayul oleh imajinasi manusia abad ke-20 menjadi kecenderungan banyak orang condong percaya pada misteri di segitiga bermuda.

Sebagai contoh kita akan mengambil klaim tua tentang dongeng pelaut, legenda dan bahkan catatan oleh Christopher Columbus pada daerah tersebut memiliki, "Lampu aneh yang menari-nari di cakrawala, api di langit dan kompas aneh," dan tambahan-tambahan lainnya yang memperindah dan menambah misteri.
Hari ini diyakini bahwa apa yang Columbus amati sebagai api yang menari-nari ternyata adalah ulah suku primitive Taino yang sedang memasak / menyalakan api di atas kano mereka di dekat pantai.
Pembacaan kompas yang kacau karena adanya salah perhitungan dari gerakan bintang tertentu, dan api di langit itu sebenarnya adalah meteor jatuh ke bumi yang mudah dilihat saat di laut.

Menurut Kamus skeptis, banyak bencana yang diklaim telah terjadi di daerah itu sebenarnya tidak terjadi di Segitiga Bermuda dan misteri sebenarnya adalah mengapa segitiga Bermuda bisa dianggap sebagai Laut yang misterius.

Hari ini meskipun daya pikat misteri di segitiga bermuda telah terungkap dan dipatahkan oleh banyak penjelasan ilmiah oleh peneliti dan ilmuwan yang kredibel di bidangnya, namun cerita misteri tentang Bermuda tetap ada di hati banyak orang. Mungkin karena orang membutuhkan sekedar mitos fiksi untuk sisi imajinasi manusia yang tak terbatas.

sumber

Uniknya Festival Alat Kelamin Di Jepang

Posted: 13 Aug 2012 12:31 AM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Jepang.... Oh... Jepang, Ada saja ide gila yang dilakukan oleh penduduknya untuk urusan kelamin. Mulai dari ide pembuatan sextoys sampai dengan festival alat kelamin negara matahari terbit ini selalu punya ide. Beberapa waktu yang lalu saya pernah posting tentang Sextoys Abad 18 dan 19 salah satu alat tersebut di produksi oleh Jepang, saat ini saya akan tampilkan foto-foto festival kelamin yang di adakan di Jepang, cukup meriah dan banyak pesertanya.

Pesertanyapun membuat ide-ide unik yang bertemakan alat kelamin mulai dari makanan sampai miniatur Penis sebesar pohon kelapa. Gadis-gadis cantik menjilat dan mengulum berbagai makanan dengan bentuk penis, mulai dari es krim sampai dengan kue yang di buat menyerupai alat kelamin pria tersebut. Bukan saja alat kelamin pria yang mereka buat tidak sedikit juga alat kelamin perempuan juga di buat untuk memeriahkan festival ini.

Untuk urusan sex, Jepang memang jagonya di Asia. Bagi anda yang doyan nonton blue film mungkin sangat akrab sekali dengan film-film "lendir" produksi jepang. Beberapa tahun yang lalu dunia Perfilman Indonesia juga di gegerkan dengan akan di buatnya film yang di bintangi oleh bom sex jepang Miyabi. Dan rupanya untuk urusan yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, bayangkan saja waktu penjajahan dulu,ribuan gadis Indonesia banyak yang jadi Jugun Ianfu atau gadis pemuas nafsu sex tentara Jepang







sumber

10 Film Yang Meminta Tumbal Nyawa Saat Pembuatannya

Posted: 12 Aug 2012 09:09 PM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Banyak adegan berbahaya yang dilibatkan dalam adegan filem, terutama di filem eksyen dan petualangan, tidak sedikit yang menggunkan adegan asli, tanpa efek komputer. Meski kebanyakan adegan berbahayanya asli lalau di tambah-tambahin dengan efek komputer agar lebih dsayat..

10. Twilight Zone



Korban: Vic Morrow dan aktor cilik Myca Dinh Le (umur 7) dan Renee Shin-Yi Chen (umur 6).
Selama segmen film yang diarahkan oleh John Landis pada 23 Juli 1982, aktor
Vic Morrow dan aktor cilik Myca Dinh Le (umur 7) juga Renee Shin-Yi Chen (umur 6) meninggal dalam kecelakaan yang melibatkan sebuah helikopter yang digunakan. Helikopter yang telah berada di ketinggian hanya 25 kaki (8 meter), terlalu rendah untuk menghindari ledakan yang digunakan pada pembuatan ledakan.
Kecelakaan ini menyebabkan larangan terhadap dunia film untuk melarang anak2 terlibat dalam kegiatan berbahaya di film.

9. Top Gun



Korban: Art Scholl.
Pilot aerobatic terkenal, Art Scholl, yang direkrut untuk melakukan penerbangan di film untuk menghasilkan gambar yg sempurna untuk film. Di dalam naskah Art scholl disuruh untuk melakukan flat spin, tetapi Scholl tidak dapat mengendalikan dan akhirnya pesawat yg diterbangkannya jatuh ke Samudra Pasifik di bagian selatan pantai California. Penyebab kecelakaan tetap tidak diketahui. Top Gun didedikasikan untuk mengingat Art Scholl.

8. The Return of the Musketeers



Korban: Roy Kinnear.
Pada 20 September 1988, Madrid, Spanyol, aktor Roy Kinnear patah tulang pinggangnya setelah jatuh dari kuda lalu dia tak dapat ditolong lagi.

7. The Flight of the Phoenix



Korban: Paul Mantz.
Di film produksi 1965, Paul Mantz tidak menggunakan stunt untuk menerbangkan pesawat asli untuk hasil film yang maksimal, tetapi dia melakukan kesalahan pada saat manuver take-off.

6. Jumper



Korban: David Ritchie.
Untuk pembuatan set di salah satu adegan Samuel Jackson, menggunakan bahan2 campuran dari pasir, tanah dan es...
Crew produksi David Ritchie tertimpa pasir beku dan tanah yang ingin di bongkar di salah satu set outdoor, dimana cuaca disaat itu pun lagi dingin2nya.

5. xXx



Korban: Harry L O'connor.
Salah satu stunt Van Diesel untuk melakukan parasailing, tetapi naas karena tertabrak jembatan.

4. The Final Season



Korban: Roland Schlotzhauer.
Kameramen terkenal yang selalu mengambil gambar berkualitas dari helikopter, naas dibulan oktober 2007, helikopter yg digunakan untuk mengambil gambar di film ini terjatuh.

3. Troy



Korban: George Camilleri.
Stuntman dari Brad Pitt patah tulang kakinya pada saat melakukan adegan, dan tidak tertolong lagi ketika dibawa ke RS karena pembekuan darah di lukanya.

2. The Crow



Korban: Brandon Lee (Putra Bruce Lee).
Pada tanggal 31 Maret 1993 di North Carolina studios, Wilmington NC.
Pada sisa 8 hari untuk penyelesaian film tersebut, ada set dimana Lee (Eric Draven) menyaksikan tunangannya akan diperkosa oleh Michael Masse..
didalam set itu Michal masse menembak Eric Draven dan ternyata senjatanya terisi dengan peluru asli.

1. Enter the Dragon



Korban: Bruce Lee.
Sedang menyelesaikan dubing di film tersebut, dia tewas di kamar mandi karena pembengkakan otaknya. Banyak spekulasi yg beredar bahwa dia tewas karena dikasi racun atau karena ganja.

sumber

Arti "wkwkwk" Dalam Sudut Pandang Ilmu Sains

Posted: 12 Aug 2012 08:54 PM PDT


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Penasaran kan mengapa orang sering menggunakan "wkwkwk" dalam berinteraksi di dunia maya. Ada yang mengartikan "wkwkwk" sebagai ungkapan tertawa terbahak-bahak tanpa perlu menampilkan icon-icon khusus yang disediakan oleh jejaring sosial.


Dalam dunia sains hal tersebut dikenal dengan istilah onomatopoeia, onomatope berasal dari bahasa Yunani yang berarti membuat nama. Onomatopoeia berarti 'nama' yang diberikan kepada suara.

Jadi secara tak langsung onomatopoeia bisa diartikan sebagai sebuah kata untuk meniru sebuah suara.

Tak hanya di Indonesia, di beberapa Negara lain mereka juga memiliki istilah-istilah khusus dalam berinteraksi di dunia maya. Tentu saja mereka menggunakan onomatopoeia yang berbeda namun memiliki arti yang sama dengan "wkwkwk."

Di Negara Puerto Rico biasanya digunakan istilah "jajaja" di Brazil mereka lebih sering menyebut dengan "kkkkk", di Kanada "wukaywukaywukay", sedangkan di Jepang "wwwwww".

Yang unik di Thailand mereka hanya menyebutnya dengan "555555" saja, sedangkang di Malaysia "kahkahkahkah".

Tertarik mengganti variasi "wkwkwk" anda? Informasi di atas barangkali bisa menjadi inspirasi anda.

sumber

Gauss, Ancaman Malware Baru Setelah Flame

Posted: 12 Aug 2012 08:38 PM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Jakarta Perusahaan keamanan internet Kaspersky menemukan satu lagi malware baru bernama Gauss. Malware ini diketahui sama berbahayanya dengan Stuxnet, Duqu dan Flame yang menyerang Iran.


Walaupun disebut sebagai ancaman baru, namun sejatinya Gauss dibangun dari dasar kode yang sama seperti Flame dan secara khusus menargetkan data sensitif. Tampaknya ini merupakan malware sejenis spionase cyber.


"Gauss seperti negara yang mempunyai bank Trojan dan menyimpan hulu ledak ini tanpa diketahui sasaran utamanya," terang dari pihak Kaspersky, yang


detikINET kutip dari
PC World , Minggu (12/8/2012).


Sebenarnya Gauss terdeteksi dalam sebuah operasi yang diprakrasai oleh International Telecommunication Union (ITU) dalam upaya menginvestigasi ancaman lain dari Flame, yang malah menemukan malware lainnya.


Kaspersky mengatakan alasan malware ini dijuluki "Gauss" karena modul utamanya mengunakan metode dari matematikawan Jerman Johann Carl Friedrich Gauss.


Sementara Flame, Stuxnet, dan Duqu tampaknya ditujukan untuk Iran, Gauss secara khusus menargetkan bank Lebanon, serta rekening Citibank dan PayPal. Gauss mencuri browser history, cookies, password, dan konfigurasi sistem.

Sejarah Ditemukannya Alat Musik Piano

Posted: 12 Aug 2012 08:11 PM PDT


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Meskipun siapa penemu pertama Piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul.

Namun, dari hasil penyelidikan ditunjukkan kepada Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediaman Pangeran Ferdinand de'Medici - inilah piano modern berakar.

Alat musik berprinsip kerja mirip piano diperkirakan telah ada sejak tahun 1440an.
Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano.

Pada saat awal-awal diciptakan, suara piano tidak sekeras piano abad XX-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.

Pada pertengahan abad XVII piano dibuat dengan beberapa bentuk. Awalnya, ada yang dibuat mirip desain harpsichord, dengan dawai menjulang. Piano menjadi lebih rendah setelah John Isaac Hawkins memodifikasi letaknya menjadi sejajar lantai. Lalu, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, dan dengan sentuhan lebih ringan, para pembuat piano Jerman menjawabnya dengan piano persegi. Sampai 1860 piano persegi ini mendominasi penggunaan piano di rumah.

Rangka untuk senar piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senar. Akibatnya, ketika pada abad XIX dibangun gedung-gedung konser berukuran besar, suara piano tadi kurang memadai. Maka, mulailah dibuat piano dengan rangka besi.

Sekitar tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan rangka logam seluruhnya. Piano hasil inovasinya mampu menahan tegangan senar sangat kuat, sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras. Sekitar 1820, banyak pembuat menggunakan potongan logam untuk bagian piano lainnya. Pada1822, Erard bersaudara mematenkan double escapement action, yang merupakan temuan tersohor dari yang pernah ada berkaitan dengan cara kerja piano.

Dalam perkembangannya, sebelum memiliki 88 tuts seperti sekarang, piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts. Ia juga dilengkapi dengan pedal. Semula pedal itu digerakkan dengan lutut. Namun, kemudian pedal kaki yang diperkenalkan di Inggris menjadi populer hingga sekarang.

Sejumlah pengembangan berlanjut pada abad XIX dan XX. Tegangan senar, yang semula ditetapkan 16 ton pada tahun 1862, bertambah menjadi 30 ton pada piano modern. Hasilnya adalah sebuah piano dengan kemampuan menghasilkan nada yang tidak pernah dibayangkan Frederic Chopin, Ludwig van Beethoven, dan bahkan Franz Liszt.

Sebuah perkembangan nyata di abad XX (berawal di tahun 1930-an) adalah kehadiran piano elektronik (atau piano listrik), yang didasarkan pada teknologi elektro akustik atau metode digital. Nada suaranya terdengar melalui sebuah amplifier dan loudspeaker.

Hingga kini Piano masih menjadi alat musik kontemporer yang asik untuk di dengarkan. Suara merdu dari Piano seakan-akan mewakili perasaan dari seseorang.

sumber

Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

Posted: 12 Aug 2012 08:04 PM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Kenalkan pria satu ini, Wim Hof, atau lebih dikenal dengan manusia es. Pasalnya, pria ini mempunya kondisi fisik yang luar biasa dibandingkan orang normal pada umumnya. Bayangkan saja, dirinya bisa menyelam dibawah es serta berdiri diatas es selama berjam-jam.

a245 cold 300x162 Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

Hal yang paling menggemparkan dibuatnya adalah ketika Ia menaiki gunung Blanc dengan hanya menggunakan celana pendek saja. Setelah itu Hof berhasil masuk kedalam 'Harvested World Records'.
Para peneliti tidak bisa menjelaskan bagaimana manusia es ini bisa bertahan dengan kondisi iklim yang sangat ekstrim. Namun, pria yang berumur 48 tahun ini mampu bertahan dengan suhu yang bisa berakibat fatal pada orang kebanyakan.

Him Hof 3 300x200 Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

Wim Hof Iceman L 300x213 Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

wim hof in icy waters 300x164 Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

wim hof in new york 300x205 Perkenalkan!! Wim Hof, Si Manusia Es dari Jerman

sumber

12 Fakta Unik Kartun Doraemon

Posted: 12 Aug 2012 07:51 PM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Siapa sih yg nggak kenal Doraemon? Tokoh titular robot kucing yg lucu & menggemaskan ini memang sdh jadi sebuah sosok "Lintas Generasi." Sy tanya sama Nenek, Ibu, Om, Tante, dll dari saya saja.. semua segera tahu & tanggap plus pasang senyum sumringah kalau ditanya atau suruh membahas soal tokoh anime/manga besutan duo Fujiko Fujio ini.

Nah… selama ini, sebagai seorang Doramaniac (istilah yg aneh, memang), saya kira selama ini saya sudah tahu hampir segala hal mengenai Doraemon… namun ternyata tidak! Bgmn dgn Anda2 sekalian? Yuk, mari kita uji pengetahuan Anda di mengenai si robot kucing biru ini dgn beberapa fakta2 menarik mengenai Doraemon yg saya kumpulkan dari berbagai sumber…

1. Apakah arti nama "Doraemon"?


Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari "Nora" yg berasal dari "Nora-Neko" yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.

Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan "Stray male cat" (kucing liar jantan)

Dora sebenarnya bisa juga berarti "gong" (inilah "dora" yg dipakai dalam nama kue dorayaki)… Meski bukan itu "dora" yg dipakai di nama Doraemon… namun ini menjadi semacam plesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong.

2. Apa kode produksi dari Doraemon?


Ya! Doraemon memiliki kode produksi ternyata, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi.

Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007.

3. Kapan Doraemon Selesai Diproduksi ?
3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi

4. Apa angka keberuntungan dari Doraemon?
1293

Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4'3 "). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.

5. Siapa mantan pacar Doraemon di abad 22?


Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara2 Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus).

6. Apa warna asli Doraemon?


Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel "kesedihan". Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb.

Doraemon pandai berbahasa Inggris, karena paham istilah bahasa Inggris "In Blue" yg artinya "sedang sedih"

7. Apakah Doraemon Sekolah ?


Ya. Menurut serial spin-off dari Doraemon "The Doraemons", nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School

8. Siapa Nama Gurunya Nobita yang sering marah -marahi nobita ?


Tokoh Pak Guru ygsebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita (tapi dasar Si Nobita males2an aja, jadi ya…) ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei aja. Namun, pada versi ygdiputar di Nihon Television, ia diberi nama asli "Ganari"

9. Kenapa Doraemon dan Dorami Dikatakan Saudara ?

Ini menjadi misteri yang menarik… mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik?


Ternyata, karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyak yang sama…dan "Doraemon" lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut "adik."

10. Kenapa Dorami Lebih Hebat daripada Doraemon ?


Menurut data, Dorami lebih hebat dari Doraemon… Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silahkan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon)

11. Asal Mula Munculnya Dorami dalam Kehidupan Nobita ?


Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

12. Kenapa Doraemon Takut Sama Tikus ?
Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus saat ia tidur siang, tapi saya yakin bukan ini jawaban yang Anda cari.



Mengapa "harus" takut sama tikus? Jawabannya mungkin agak tidak bermutu dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini: ya karena Fujiko Fujio maunya begitu.

Was I joking? No, seriously! Fujiko Fujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya2 mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur2 humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.

Dengan dasar pikiran begitu… Saya hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai running gag di Doraemon… maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang "adorable" dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut dengan hanya….tikus, mangsa alaminya.

sumber

Ramalan Zodiak 13 Agustus - 19 Agustus 2012

Posted: 12 Aug 2012 07:36 PM PDT

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Horoskop 'Ramalan Bintang' 13 Agustus – 19 Agustus 2012 – Kali ini Artikel Zamrud Hijau akan bagikan Ramalan Bintang / Zodiak Terbaru untuk Minggu ini, periode 13 Agustus – 19 Agustus 2012. Sobat bisa dapatkan Horoskop Periode 13 Agustus – 19 Agustus 2012 gratis via blog ini dan akan di update setiap minggunya untuk memberikan Ramalan Bintang Terbaru.


Zodiak Periode Tanggal

Senin, 13 Agustus 2012
Selasa, 14 Agustus 2012
Rabu, 15 Agustus 2012
Kamis, 16 Agustus 2012
Jum'at, 17 Agustus 2012
Sabtu, 18 Agustus 2012
Minggu, 19 Agustus 2012

Berikut Ramalan Zodiak Terbaru selengkapnya!

CAPRICORN ( 21 Desember – 19 Januari )

Umum: Tidak perlu merasa khawatir dengan banyaknya masalah. Yang perlu dikhawatirkan adalah masalah yang sengaja dicari-cari.

Cinta: Jalinan asmara Anda sedang hangat. Semua itu karena Anda dan pasangan selalu mengomunikasikan apa yang mengganjal di hati dan selalu mencari hal-hal baru.

AQUARIUS ( 20 Januari -18 Februari )

Umum: Apa pun yang terjadi dalam hidupmu, percayalah jika segalanya adalah rencana Tuhan. Yakinlah akan selalu baik pada akhirnya.

Cinta: Hubungan Anda harus lebih dipererat karena banyak cobaan yang akan Anda dapatkan di kemudian. Sebisa mungkin untuk tidak lepas komunikasi.

PISCES ( 19 Februari – 20 Maret )

Umum: Jangan berubah hanya untuk menyenangkan seseorang. Berubahlah karena diri sendiri. Pribadi yang lebih baik akan membawamu ke masa depan yang lebih baik.

Cinta: Jangan pernah mengulangi kesalahan yang pernah Anda lakukan terhadap pasangan yang lalu. Cobalah untuk lebih dapat memahaminya, meski itu hal yang baru dan belum pernah Anda hadapi sebelumnya.

ARIES ( 21 Maret – 20 April )

Umum: Manusia lebih menyukai dirinya sendiri lebih dari apa pun. Tetapi, bukan berarti manusia selalu menghargai dirinya secara berlebihan hingga merendahkan orang lain.

Cinta: Kehidupan asmara Anda tetap mengasyikkan meskipun biasa-biasa saja. Ini karena Anda dapat menciptakan suasana yang harmonis. Keterbukaan adalah kunci langgengnya sebuah hubungan.

TAURUS ( 21 April – 20 Mei )

Umum: Ketika kamu mengetahui apa yang kamu inginkan dan kamu menginginkan sesuatu yang tidak terlalu jelek, kamu akan menemukan cara untuk mendapatkannya.

Cinta: Tahan dan kendalikan diri Anda. Pikirkan terlebih dahulu sebelum bicara. Percakapan mengenai hubungan Anda akan menjadi memanas dan membuat ia tidak bisa menerima keputusan Anda.

GEMINI ( 21 Mei – 20 Juni )

Umum: Ada dua hal yang harus Anda lupakan. Kebaikan yang Anda lakukan kepada orang lain dan kesalahan orang lain kepada Anda.

Cinta: Biasakan untuk melakukan komunikasi dengan pasangan. Jangan sesali dia yang mulai duluan. Sesekali, Anda perlu memberikan kejutan agar pasangan Anda tambah lengket.

CANCER ( 21 Juni _ 20 Juli )

Umum: Jangan pernah melupakan apa pun yang dikatakan seseorang ketika dia marah. Karena akan seperti itu pula perlakuannya pada Anda.

Cinta: Hubungan Anda bersama mantan penuh dengan hal-hal yang menyenangkan. Anda akan hanyut dalam kondisi tersebut. Jika tidak segera diakhiri, Anda semakin terlena dan tak bisa melupakannya. Ini pertanda buruk bagi hubungan Anda yang baru.

LEO ( 21 Juli – 21 Agustus )

Umum: Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi satu kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Cinta: Anda perlu tampil percaya diri di hadapan pasangan. Yakinkan pada pasangan bahwa Anda yang terbaik.

VIRGO ( 22 Agustus – 22 September )

Umum: Melihatlah ke atas untuk urusan akhiratmu dan melihatlah ke bawah untuk urusan duniamu. Maka, hidup Anda akan tenteram.

Cinta: Dia sedang membentangkan jarak. Mungkin ada sikap Anda yang membuatnya tidak berkenan. Tanyakan baik-baik dan siapkan diri untuk mendengar keluhannya

LIBRA ( 23 September – 22 Oktober )

Umum: Yang kalah adalah wujud hukuman atas kegagalan. Pemenang adalah penghargaan atas kesuksesannya.

Cinta: Hubungan Anda dan pasangan pasti akan jauh lebih baik kalau saling menyempatkan waktu untuk bertemu. Pertemuan yang intensif akan mempererat ikatan emosi masing-masing.

SCORPIO ( 23 Oktober – 22 November )

Umum: Sikap orang lain terhadap kita merupakan gema dari sikap yang terpancar dari dalam diri kita. Pancarkan yang baik dan kebaikan itu akan Anda terima.

Cinta: Anda benar-benar sedang dimabuk cinta. Sebenarnya hal itu pun ditunjukkan olehnya. Tetapi, masing-masing masih menahan diri untuk memulai membicarakan yang satu itu.

SAGITARIUS ( 23 November – 22 Desember )

Umum: Tulislah segala keinginan dan harapanmu dan berikanlah penghapus kepada Tuhan agar bisa mengubah sekehendak-Nya.

Cinta: Seseorang yang menyukai Anda sejak lama mulai menampakkan perubahan. Ini karena beberapa sifat jelek Anda yang tidak sesuai dengan kriterianya. Ubahlah sikap Anda.

Sekian Ramalan Zodiak dari Artikel Zamrud Hijau. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Jangan percaya 100% dengan ramalan di atas, namun jadikanlah sebagai motivasi dan masukan dalam menjalani kehidupan anda ke depan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar