Selasa, 06 November 2012

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU


Misteri Pegunungan Hantu di Antartika?

Posted: 06 Nov 2012 07:42 AM PST

Artikel Zamrud Hijau - Peneliti mengungkap gunung yang terkubur di bawah es Antartika. Wilayah kutub planet itu merupakan pegunungan yang luas dan setara dengan Alpen.Puncak berlekuk itu memiliki tinggi lebih dari 8.000 kaki (2.400 meter). Gunung itu terkubur di bawah es yang padat, dengan tebal lebih dari satu mil ( 1,6 kilometer) jauh di timur Antartika.Keberadaan pegunungan yang disebut Pegunungan Gamburtsev ini mengejutkan para ilmuwan Rusia saat pertama kali menemukan hal tersebut 50 tahun yang lalu.Puncak subglasial yang memiliki panjang hampir 750 mil (sekitar 1.200 kilometer) itu terus menjadi misteri.

Pegunungan Gamburtsev yang dikenal sebagai "pegunungan hantu" mulai terkuak. pegunungan yang tak terlihat dengan kasat amta ini tersembunyi di bawah lapisan es dan salju di tengah hamparan es Antartika.



Sebuah tim mancanegara yang beranggotakan sejumlah insinyur, pilot dan ilmuwan telah bekerja di Kutub Selatan yang memiliki cuaca ekstrim guna mengungkap keberadaan pegunungan hantu itu. Dengan menggunakan radar yang dapat menembus lapisan es setebal empat kilometer ( 4 km ) dan peralatan seismik yang dapat "mencitrakan" puncak-puncak Pegunungan Gamburtsev yang tersembunyi.


Kelompok pertama ilmuwan terbang melintasi wilayah pegunungan tersebut dengan menggunakan pesawat yang dilengkapi dengan radar khusus. Radar pencitraan yang dilengkapi dengan data gravitasi dan data magnetik digunakan untuk membentuk gambar 3D ( tiga dimensi ) dari puncak-puncak Pegunungan Gamburtsev. Tim kedua bekerja di darat, yang bertugas mendengarkan gelombang seismik yang yang terpancar dai puncak-puncak gunung. Data tersebut digunakan untuk menyelidiki struktur lapisan tanah keras di dasar pegunungan.

Hasil pencitraan menunjukkan bahwa Gamburtsev terbentuk oleh jajaran puncak bergerigi yang tingginya sekitar 2.600 meter, yang menunjukkan kemiripan dengan Cascade Range di American Northwest. Para peneliti yakin bahwa puncak-puncak ini memainkan peranan penting dalam membentuk lapisan es di Antartika Timur sekitar 30 juta tahun lalu.


Meskipun kini sudah ada gambaran seperti apa bentuk "pegunungn hantu", pegunungan ini tetap menyimpan misteri. Pegunungan Gamburtsev tampaknya tidak terbentuk oleh aktivitas tektonik maupun proses vulkanik -- dua hal yang umumnya membentuk suatu gugusan pegunungan

sumber

Kuil Kanda-myojin, Tempat Untuk Mendoakan Gadget

Posted: 05 Nov 2012 04:58 PM PST

Artikel Zamrud Hijau - Banyak orang bilang teknologi itu bisa berguna tetapi juga bisa menjadi malapetaka, mungkin karena anggapan seperti itu membuat sebuah kuil di Jepang memberikan pelayanan untuk "memberkati" gadget yang baru saja anda beli.


Kuil Kanda-Myojindi di Tokyo akan"mendoakan" gadget anda, terutama untuk komputer dan notebook agar terhindar dari masalah seperti diserang virus, harddisk yang rusak maupun blue screen.

Untuk melakukan itu semua, anda diwajibkan untuk membawa komputer atau notebook ke kuil tersebut. Setelah selesai "diberkati", sebuah plakat (berfungsi sebagai jimat) akan diberikan untuk diletakkan di rumah sehingga si komputer tidak akan "kerasukan".




Entah suatu kebetulan atau tidak, letak kuil tersebut sangat berdekatan dengan daerah Akihabara yang terkenal dengan pusat elektronik di Jepang.

sumber

Wasik Farhan-Roopkotha, Programmer Komputer Termuda Asal Bangladesh

Posted: 05 Nov 2012 04:49 PM PST


Artikel Zamrud Hijau - Sejak berusia 2 tahun Wasik Farhan-Roopkotha, seorang bocah dari Bangladesh, sudah tertarik dengan Dunia komputer. Sejak balita, Wasik telah menunjukkan bakatnya bahkan Ia telah mengetahui beberapa bahasa pemograman pada umur yang yang belum 5 tahun. Dia telah mengerti tentang bahasa pemograman C++. Selain, itu Ia juga telah mampu mengetik dengan cepat dan efisien tanpa harus melihat keyboard" Ujar sang Ibu seperti di kutip dari BBC.

41176 146666028691879 100000454476401 356381 4056020 n Wasik Farhan Roopkotha, <i>Programmer</i> Komputer Termuda Asal Bangladesh

Mengetik saat itu di mulai Wasik pada usia 3 Tahun, Saat itu Wasik menggunaka software Microsoft Word. Sedang di usia 4 tahun, Ia telah mengetahui cara meng-install dan mengunduh emulator game. Selain itu, Ia juga sudah menguasai game-game yang tergolong rumit.

Wasik mengaku bahwa Ia sangat menikmati saat-saat bermain di komputer serta mendapat keahlian yang baru. Sama dengan anak-anak lain pada umumnya, Wasik juga memiliki mimpi dan cita-cita, Ia ingin menjadi seorang ahli komputer dan dapat bekerja di sebuah Perusaahan Komputer besar dan ternama.
"Saya sangat menikmati bermain di komputer dan mempelajari keahlian baru. Saya punya mimpi di masa depan bisa menjadi ahli komputer dan bekerja di sebuah perusahaan komputer besar," ujar Wasik kepada BBC.

Sepertinya komputer telah menjadi hobi serta mainan sehari-hari Wasik. Atas dasar itu, Orangtua Wasik bertekad untuk terus menggali bakat yang sudah terlihat dari balita tersebut. Untuk urusan sekolah, Orang Tua Wasik sepertinya akan lebih memilih metode "home schooling" daripada sekolah umum. Hal itu disebabkan karena Wasik kurang begitu fasih akan bahasa Inggris dan lebih sering menggunakan bahasa Bangladesh.

Selain merencana untuk menggali bakat anaknya, orang tua Wasik pun berharap si anak dapat diakui oleh pihak Microsoft dan tercatat sebagai programmer komputer termuda di Guiness World Records.

sumber

Jackie Green, Gadis Termuda di Dunia yang Menjalani Operasi Ganti Kelamin

Posted: 05 Nov 2012 04:42 PM PST


Artikel Zamrud Hijau - Di dunia ini transgender atau wanita yang merubah kelamin menjadi pria dan sebaliknya memang sudah tidak asing lagi kita temukan. Ada banyak hal yang menyebebkan seseorang merasa dirinya bermasalah dengan jenis kelaminnya.

Bisa karena bawaan lahir, faktor lingkungan, gaya hidup, pilihan hidup atau bahkan tuntutan profesi yang akhirnya terus terbawa. Kebanyakan transgender ini melakukan perubahan melalui operasi ganti kelamin, dll untuk menegaskan jati diri mereka yang sebenarnya.
Hal inilah yang dilakukan Jackie Green, Mantan finalis Miss Inggris yang kini telah memancarkan keanggunannya sebagai seorang wanita. Pada saat usia yang masih terbilang sangat muda, Green memilih jalan menjadi wanita alias memilih jalan sebagai transgender. Bahkan diakuinya selama ini dia telah terjebak dalam tubuh laki-laki yang sama sekali bukan dirinya.


Di usianya yang ke empat tahun Green yang terlahir sebagai nama Jack mengatakan kepada ibunya, susan bahwa Tuhan telah membuat kesalahan, dimana ia seharusnya adalah seorang wanita. Tak hanya mengeluh pada ibunya, Green juga sempat putus asa hingga overdosis karena melakukan percobaan bunuh diri.
Bahkan tak tanggung-tanggung Green juga sempat mengancam orang tuanya akan merusak alat kelaminnya karena kedua orang tuanya telah menyembunyikan obat dan sejata-senjata tajam. Namun usia ke 16 tahun, Green dan orang tuanya memutuskan untuk mengganti kelaminnya dengan melakukan operasi kelamin.



Dengan keputusan itu, jadilah Jackie Green sebagai gadis termuda yang melakukan operasi pergantian kelamin di usia 16 tahun.
Jalan cerita hidup Green kini tengah menjadi sorotan Dunia khususnya BBC, sebuah situs berita yang menjadikan Green sebagai subyek sebua film dokumenter yang akan diputar akhir bulan ini.
Dan film pendek ini nantinya juga akan membahas secara detail mengenai gender identity disorder (GID) atau gangguan identitas gender. Dimana adanya gangguan ini tak terlepas dari kesalaha para ahli medis yang secara mudah mendiagnosis dan mengkalim seseorang terkena sindrom GID.

sumber

Edann,, Mobil Ini Memiliki Kompor Pemanas Di Dalamnya

Posted: 05 Nov 2012 04:36 PM PST


Artikel Zamrud Hijau - Penghangat mobil rusak, kompor pemanas pun jadi. Mungkin kata itu yang tepat untuk menggambarkan mobil Volvo 240 keluaran tahun 1990. Mobil miliki Pascal Prokop asal Zurich, Swiss ini memodifikasi mobilnya dengan memasukan kompor pemanas di dalamnya.


Hal ini dilakukan karena mobil Volvo 240 miliknya ini memiliki masalah dengan sistem pemanasnya. Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, Pascal rela membuang jok depan mobilnya untuk digantikan dengan kompor pemanas ini. Hal ini terpaksa Ia lakukan guna bertahan dalam mobil di dinginnya musim dingin Eropa.


Gilanya lagi bahan bakar dari kompor ini menggunakan kayu. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pascal juga harus rela melubangi atap mobilnya guna memasang cerobong asap. Hal itu agar asap hasil pembakaran kompor tersebut dapat langsung keluar dari dalam mobil ini.

Nabi Ibrahim, Ksatria Iman Penakluk Nalar

Posted: 05 Nov 2012 04:21 PM PST


Artikel Zamrud Hijau - Dalam Islam, tokoh terpenting setelah Nabi Muhammad adalah Nabi Ibrahim. Indikasi pentingnya Nabi Ibrahim adalah:

  • Hanya Ibrahim yang namanya wajib disebut dalam bacaan tahiyat akhir setiap sholat disamping Muhammad. Tanpa mendo'akan dia, tidak sah sholat kita.
  • Hanya Ibrahim yang episode hidupnya dirayakan sebagai hari raya. Idul Adha dan ibadah kurban adalah mengenang saat Ibrahim menyembelih Ismail.
  • Hanya Ibrahim yang episode hidupnya dirayakan dalam salah satu rukun Islam, yaitu ibadah Haji. Sa'i adalah mengenang Hajar yang berlari mengejar fatamorgana air setelah ditinggal Ibrahim ditengah gurun. Lempar jumrah adalah mengenang Ibrahim yang melempar iblis saat mencegahnya menyembelih Ismail.
  • Ka'bah yang merupakan arah ibadah umat Islam adalah bangunan yang didirikan oleh Ibrahim dan anaknya.


Apa yang bisa dan harus dicontoh dari Ibrahim sehingga Allah memberikan penghormatan sedemikian besar?

Jika SBY dapat gelar "Knight Grand Cross of the Order of Bath", maka Ibrahim cocok sebagai "Grand Knight of Faith" - Ksatria Iman. Ibrahim adalah pembela sejati iman, baginya iman adalah diatas segalanya.
Apa saja yang telah dilakukan Ibrahim dalam membuktikan dirinya sebagai Ksatria Iman?
Berikut ini daftar yang bisa kita susun:

  • Iman lebih penting dari orang tua dan masyarakat.

Ibrahim berani menentang bapaknya dan masyarakat dimana ia hidup, saat ia menemukan bahwa agama dan sembahan bapaknya serta masyarakatnya tidak lagi sesuai dengan Tuhan yang baru ia temukan. Ia merusak patung para dewa dan berani menentang bapak dan norma masyarakatnya - apapun resikonya. Ia tidak takut kehilangan nyawanya.

  • Iman lebih penting dari anak, istri, pertimbangan kemanusiaan dan akal sehat.

Saat Ibrahim diperintahkan meninggalkan istri dan anaknya yang masih bayi ditengah gurun, ia melaksanakannya. Meninggalkan ibu dengan bayinya ditengah gurun tanpa bekal dan naungan adalah sama dengan membunuhnya, perintah itu sama dengan "bunuh anak dan istrimu!". Ia melaksanakan dengan patuh dan tanpa protes. Iman lebih penting dari akal sehat, kemanusiaan, kasih sayang kepada istri dan anak.

  • Penegasan Iman lebih penting dari anak, pertimbangan kemanusiaan dan akal sehat.

Saat Ibrahim mendapatkan mimpi untuk menyembelih anaknya, ia melaksanakannya. Perintah menyembelih anak jauh lebih jelas tujuannya daripada meninggalkannya di gurun. Mimpi itu adalah versi vulgar dari perintah "bunuh anakmu!". Ia melaksanakan dengan patuh dan tanpa protes. Iman lebih penting dari akal sehat, kemanusiaan, kasih sayang kepada istri dan anak.

  • Bila menyangkut iman, tidak perlu ada verifikasi.

Perintah menyembelih Ismail datang melalui mimpi. Itu adalah sumber yang sangat tidak bisa diandalkan kebenarannya, mimpi adalah bunga tidur yang seringkali tanpa arti, sejajar dengan lamunan kosong dan halusinasi. Sumber kosong itu langsung dipercaya Ibrahim karena dianggap berasal dari Allah sebagai pusat keimanannya.

  • Jika mengenai iman, sah untuk mengabaikan logika dan menggunakan kekerasan untuk mempertahankannya. Argumen logis adalah tipu daya.

Ketika iblis mencegat Ibrahim saat mendaki bukit untuk menyembelih anaknya, Iblis sama sekali tidak mengajak berbuat jahat, yang dilakukan Iblis adalah mengingatkan akan prosedur logis orang yang berakal, yaitu mengingatkan akan:

1. Verifikasi perintah.
Apakah Ibrahim sudah melakukan verifikasi kepada Allah bahwa benar Allah memerintahkan menyembelih Ismail seperti dalam mimpinya?
2. Kebenaran perintah.
Jika Allah Maha Pengasih apa benar ia memerintahkan tindakan yang sama sekali tidak mewakili sifat Maha Pengasih tersebut?
3. Akal sehat, kemanusiaan dan kasih sayang bapak kepada anak, sesuatu yang membuat kita bernilai sebagai manusia.
Jika perintah iman bertentangan dengan hal yang membuat kita bernilai sebagai manusia, apakah iman tersebut wajar dan patut dituruti?

Apa yang dilakukan Ibrahim? Ia tidak memberi argumen logis atau melayani perdebatan logika. Ia melempari iblis dengan batu. Ia memakai kekerasan dan bukan akal untuk menghadapi pertanyaan yang sepenuhnya logis tersebut.

Itulah yang bisa kita tarik dari heroisme Ibrahim sebagai Ksatria Iman ...

Jadi apa pendapat para agan?

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar