Kamis, 07 Juni 2012

INFO UNIK DAN MENARIK

INFO UNIK DAN MENARIK


7 manfaat berjalan tanpa alas kaki atau sandal

Posted: 07 Jun 2012 11:01 PM PDT

Jalan tanpa alas kaki ternyata memiliki manfat sehat bagi tubuh kamu kamu ingin tahu manfaat apa aja yang di dapat dari berjalan tampa alas kaki simak berikut ini.
1. Mencerahkan pikiran
Saat melangkah tanpa alas kaki, tingkat kewaspadaan Anda spontan akan meningkat. Setidaknya terhadap area sekitar pijakan, apakah ada duri, kerikil tajam, atau benda lain yang bisa melukai telapak kaki. Tanpa sadar, kondisi ini akan membuat pikiran lebih cerah dan merangsang fokus pikiran lebih baik.

2. Yoga kaki gratis
Berjalan tanpa alas kaki akan meregangkan sekaligus memperkuat otot tendon, ligamen dalam, pergelangan kaki dan betis. Ini membantu mencegah cedera, ketegangan lutut, dan masalah punggung. Jalan bertelanjang kaki juga akan mengaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan badan. Otot ini tak aktif ketika mengenakan sepatu.

3. Refleksi gratis
Kaki memiliki sejumlah titik refleks yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar yang terinjak akan merangsang titik-titik refleks di kaki. Meski awalnya mungkin terasa sakit, tapi memiliki efek positif meredakan gejala penyakit di tubuh.

4. Redakan stres
Sebuah penelitian mengungkap bahwa berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan telanjang kaki meningkatkan kadar endorfin sehingga memunculkan perasaan bahagia.

5. Tidur malam berkualitas
Ada beberapa kalangan yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki di rerumputan menjadi obat terbaik untuk mengatasi insomnia.

6. Detoksifikasi
Bumi atau pijakan alam memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, sinkronisasi siklus hormonan dan irama fisiologis, juga memberikan efek yang menenangkan. Karenanya, jangan ragu melepas alas kaki saat bermain di pantai.

7. Sehatkan jiwa
Berjalan tanpa alas kaki memudahkan Anda terhubung dengan alam sekelilingnya. Lebih mudah merasakan hangatnya sinar matahari, atau desiran angin di pepohonan. Sederhananya, berjalan kaki tanpa alas kaki sangat baik untuk kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa.

7 Masalah yang terjadi pada Miss V

Posted: 07 Jun 2012 11:00 PM PDT

Sebagai kaum hawa sebaiknya kamu mengetahu apa saja masalah yang sering terjadi pada vagina  dan cara mengatasinya. Ingin tahu apa aja itu simak berikut ini 7 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Vagina seperti dikutip dari detik.com.
1. Infeksi ragi pada vagina
Ragi adalah jamur yang hidup di vagina dalam jumlah yang sedikit, tetapi akan menimbulkan infeksi jika jamur tersebut berkembang dalam jumlah yang berlebihan. Ketika Anda memakai celana dalam atau pakaian renang yang hanya berupa tali, akan menggesek vagina ketika Anda bergerak.
Gesekan tersebut akan menyebabkan luka kecil di kulit halus sekitar vulva dan klitoris yang akan menciptakan akses bagi mikroba. Jamur akan berkembang pada luka tersebut dan menyebabkan infeksi ragi.
Gunakan celana dalam dari bahan kain yang membuat vagina Anda dapat bernapas dan lebih kering, sehingga bakteri tidak dapat tumbuh dengan mudah.
2. Anda tidak mendapatkan menstruasi setelah minum pil KB
Hormon yang digunakan dalam pil KB dapat mengganggu kinerja alami tubuh seperti proses ovulasi dan menstruasi. Anda akan mendapatkan menstruasi lagi setelah beberapa waktu menghentikan penggunaan pil KB.
Tidak adanya periode menstruasi atau menstruasi yang tidak teratur dikenal dengan sebutan amenore. Jika Anda masih belum mendapatkan haid dalam waktu 3 bulan, hentikan pemakaian pil KB dan berkonsultasilah dengan dokter kandungan. Amenore dapat menjadi gejala dari masalah kesehatan lainnya.
3. Anda merasa ada benjolan kecil berisi cairan yang tumbuh di vagina
Hal ini disebabkan karena tersumbatnya kelenjar bartholin. Kelenjar bartholin berupa dua buah organ di bawah kulit vagina yang seukuran kacang yang berperan dalam proses lubrikasi vagina. Jika kelenjar ini tersumbat, sekresi cairan pelumas terjebak dan menyebabkan tumbuhnya benjolan kecil yang lembut, licin dan membengkak di dekat lubang vagina.
Bartholin yang tersumbat biasanya jinak dan tidak memerlukan pengobatan. Anda mungkin dapat mengatasinya dengan mandi air hangat selama 20 menit dua atau tiga kali sehari.
Jika benjolan menjadi menyakitkan atau ukurannya bertambah besar, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan prosedur marsupialization. Prosedur ini termasuk pengeringan benjolan, kemudian menjahit dinding benjolan pada kulit luar untuk membuat saluran baru. Pengobatan dengan cara ini akan sembuh dalam waktu sekitar satu bulan.
4. Vagina yang kering
Kekeringan vagina dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk dehidrasi, minum obat tertentu (antihistamin), perawatan yang salah, penipisan jaringan mukosa dan perubahan kadar hormon selama menopause. Vagina yang kering akan menyebabkan rasa nyeri ketika penetrasi.
Gunakan pelumas untuk mengatasi kekeringan pada vagina. Pilih pelumas berbahan dasar air karena lebih aman jika digunakan bersama dengan kondom.
Pelumas berbasis minyak dapat merusak integritas kondom. Hindari juga menggunakan pelumas yang berwarna, beraroma, dan memiliki rasa karena dapat memicu infeksi jamur dan akhirnya dapat memperburuk kekeringan.
5. Anda menularkan jamur pada vagina ke penis pasangan
Hal ini memang jarang terjadi, tetapi seorang pria dapat mengembangkan gejala kemerahan, gatal, atau rasa tidak nyaman setelah berhubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi.
Pria dapat berisiko jika tidak minum antibiotik, memiliki diabetes, sistem kekebalan tubuhnya terganggu atau jika pria tidak disunat. Kulit penis menciptakan lingkungan yang lembab dan kondusif untuk pertumbuhan jamur.
Obat anti jamur dapat digunakan untuk mengobati kondisi tersebut, tapi sebaiknya Anda menunda berhubungan seks sampai gejalanya benar-benar hilang. Dengan begitu, Anda akan mengurangi risiko saling menginfeksi satu sama lain.
6. Vagina yang sakit ketika berhubungan seks karena posisi rahim yang miring
Posisi seks tertentu bisa lebih menyakitkan daripada yang lain jika posisi rahim Anda dalam keadaan miring. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda untuk mengetahui apakah rahim Anda miring atau tidak.
Rahim yang terlalu miring akan lebih menyakitkan ketika Anda berhubungan seks. Posisi seks seperti wanita yang berada di atas, dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.
7. Ada rasa panas ketika buang air kecil setelah berhubungan intim
Ada beberapa hal yang menyebabkan sensasi panas ketika buang air kecil setelah berhubungan initim, seperti gesekan yang terlalu kuat pada vagina yang kering. Atasi dengan berendam dalam air hangat setelah berhubungan seks. Gunakan pelumas saat berhubungan seks untuk mencegah hal ini terjadi lagi.
Hal ini juga dapat disebabkan karena infeksi pada saluran kemih atau vagina. Periksakan kondisi Anda ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat antibiotik. Anda dapat mencegah infeksi kandung kemih dengan buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan seks.

Hah.. Pesawat alien mendarat dekat Merkurius?

Posted: 07 Jun 2012 10:46 PM PDT

Sebuah foto menampilkan obyek seukuran planet muncul di layar para astronom berada dekat Merkurius. Para pemburu UFO mengklaim ini merupakan pesawat UFO.
Obyek ini muncul secara tiba-tiba dalam gambar semburan korona dari matahari yang diambil teleskop NASA. Saat sulur api melewati Merkurius, obyek raksasa ini muncul di sampingnya.

Di sisi lain, para ilmuwan NASA bersikeras menyatakan, obyek itu merupakan bagian proses pencitraan.
Sebanyak 100 ribu pengguna YouTube telah menyaksikan sekuens yang diambil teleskop Heliospheric Imager-1 ini. Video ini diunggah akun 'siniXster' dan ia menulis keterangan, "Bentuk silindris obyek ini tampak seperti pesawat bagi saya dan jelas sekali, pesawat ini diberi pelindung".

Para ahli pun tetap pada pendirian mereka menyatakan, tak ada alien bersembunyi di Bima Sakti. Teknisi Natha Rich dari United States Naval Research Laboratory mengatakan, 'obyek' ini sebenarnya gambar Merkurius dari hari sebelumnya.
"Saat proses pencitraan selesai antara kemarin dan hari ini, ada fitur seperti planet yang merupakan artefak gelap di latar gambar tempat Merkurius berada kemarin," katanya seperti dikutip DM.

5 Kejadian yang membuat berhubungan sex tidak nyaman

Posted: 07 Jun 2012 10:42 PM PDT

Hubungan seks bersama pasangan bisa menjadi tidak nyaman jika ada hal hal yang menggangu, kamu mau tahu kegiatan apa saja yang membuat hubungan seks kamu dan pasangan terggangu simak berikut ini.
1.Mabuk
Jika anda dalam pengaruh alkohol, sebaiknya lupakan jauh-jauh keinginan bercinta dengan pasangan.
2. Menahan kencing
Banyak pasangan memilih tersiksa akan keinginan membuang air kecil ketimbang harus menghentikkan mendadak kegiatan seksual yang mungkin sedang panas-panasnya.
Mereka lebih sukamenderita dengan menahan pipis daripada mengajukan interupsi untuk pergi sebentar ke toilet.
3. Suara-suara dari tubuh telanjang
Tubuhberkeringatbisa menangkapudarasaat merekaberpapasan dengansatu sama lain, sehinggaterdengar suara-suara yang tak terduga yang bahkan bisa juga muncul dari dalam badan Anda sendiri atau pasangan.
4. Ahli bercinta tak terwujud dalam sehari latihan
Seperti halnya macam jenis kegiatan seksyang banyak muncul sekarang, banyak praktek adalah jawaban agar kegiatan seks berjalan sempurna.Jadi tak ada salahnya Anda banyak berlatih dengan pasangan untuk hasil yang sempurna dan diinginkan.
5.Bau nafas
Ini tentu yang tidak ingin membuat tiba-tiba Anda atau pasangan menyudahi kegiatan sebelum 'happy ending' hanya karena tak nyaman dengan bau nafas.
Jelaskan bahwanafas segarakan membuatAnda berduamerasaseperti mendapatkanlebih segar. Kemudian tanyakanpasangan anda jikadiainginpermen karet,penyegar napas mint.

7 Cara menghilangkan rasa nyeri tanpa obat

Posted: 07 Jun 2012 09:59 AM PDT

Berikut ini adalah beberapa cara meradakan dan menghilangkan rasa nyeri. Cara ini merupakan alternatif yang dapat dilakukan bila Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obat pereda sakit :
1. Penuhi kebutuhan vitamin D
Kekurangan vitamin D bisa menjadi penyebab terjadinya nyeri otot kronis. Ikan dan sinar matahari pagi merupakan sumber terbesar untuk mendapatkan vitamin ini. Rata-rata orang memerlukan vitamin D sekitar 200 IU per hari, namun untuk mereka yang berusia 50 hingga 70 tahun kebutuhan akan vitamin D meningkat menjadi 400 IU perharinya. Bagi mereka yang telah menginjak usia di atas 70,  kebutuhan vitamin D menjadi 500 IU.
Sebuah penelitian di Universitas Minnesota menemukan, 93 persen dari total responden yang mengalami nyeri muskuloskeletal non spesifik, menderita kekurangan vitamin D.  Pemberian suplemen vitamin D kepada penderita mampu  meredakan rasa nyeri otot yang timbul. Para peneliti penelitian juga menyimpulkan, mereka yang mengalami nyeri muskuloskeletal non spesifik, secara terus menerus, perlu menjalani skrining untuk defisiensi vitamin D.
2. Menghirup aroma apel hijau
Penelitian yang dilakukan the Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS, menginstruksikan peserta-- yang pada saat bersamaan sedang sakit migrain -- untuk mengendus bau tabung reaksi yang berisi apel hijau. Hasilnya menunjukkan, kondisi mereka yang menghirup bau apel hijau mengalami perbaikan dibandingkan dengan mereka yang tidak menghirup bau apel hijau. Para peneliti beranggapan, aroma yang diberikan oleh apel hijau ini mampu mengimbangi kontraksi otot yang terjadi di kepala dan leher, sehingga memberikan rasa yang melegakan di kepala. Dalam penelitian sebelumnya, bau dari apel hijau juga ditemukan dapat melawan kegelisahan.
3. Bermeditasi
Efektivitas meditasi dalam meringankan rasa nyeri tanpa memberikan efek samping telah diungkap dalam beberapa penelitian. Para pakar pada bidang ini beranggapan, bermeditasi selama kurang lebih selama satu jam mampu membantu meringankan rasa nyeri. Penelitian juga menunjukkan, meditasi juga dapat meningkatkan aktivitas otak di daerah-daerah seperti anterior cingulate cortex, anterior insula, dan orbito-frontal cortex. Tiga daerah ini merupakan bagian otak yang bertugas memetakan berbagai bentuk rasa nyeri yang diterima oleh otak dari sinyal-sinyal saraf kepada berbagai bagian dalam tubuh.
4. Balneotherapy
Balneotherapy bukanlah sesuatu hal yang asing karena cara ini telah dipraktekan sejak zaman dulu. Istilah "balneo" berasal dari kata latin "balneum" yang berarti mandi. Balneotherapy merupakan sejenis dari hydrotherapy, dimana pengobatannya dilakukan dengan cara mandi menggunakan air mineral atau air hangat. Air mineral, yang digunakan terbentuk dari magnesium sulfat atau garam Epsom, mampu melemaskan otot-otot. Baik magnesium dan sulfat merupakan mineral yang mudah diserap oleh kulit dan penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah magnesium dalam tubuh akan meningkat setelah mandi menggunakan air yang banyak mengandung garam Epsom. Selain itu, balneotherapy juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan peradangan.
5. Terapi magnetik
Terapi magnetik merupakan metode minim risiko yang menggunakan medan magnet untuk tujuan terapeutik (pengobatan). Terapi ini dapat merangsang proses penyembuhan dan memengaruhi kualitas tidur dengan cara yang positif. Peneliti dari Universitas Virginia menunjukkan, medan magnet berkekuatan sedang dapat membantu mengurangi pembengkakan jika segera diterapkan setelah mengalami cedera. Pembengkakan pada dasarnya disebabkan dengan adanya pelebaran pembuluh darah dan magnet diyakini mampu membatasi aliran darah ke area yang mengalami cedera.
6. Chromotherapy
Chromotherapy adalah sejenis terapi alami lain yang efektif meredakan nyeri dengan menggunakan teknik warna. Mereka yang meyakini dan mendukung chromotherapy berpendapat bahwa asal muasal dari berbagai penyakit atau kondisi kesehatan dapat dipetakan dengan melihat kurangnya sebuah warna yang spesifik di dalam sistem tubuh manusia. Cara kerjanya adalah dengan menyinarkan warna ke tubuh untuk membantu melawan ketidakseimbangan kesehatan, dan warna biru diyakini mampu memberikan efek yang segar, rileks, dan menenangkan serta dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri.
7. Teknik pernapasan
Relaksasi dengan cara menarik nafas dalam-dalam dapat membantu meringankan sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, dan nyeri yagn disebabkan kanker. Teknik pernapasan dapat digunakan untuk meringankan pikiran sehingga nyeri tubuh dapat dikurangi, hal ini dapat terjadi dengan mempertimbangkan adanya hubungan antara pikiran dengan tubuh. Teknik ini mampu menggabungkan elemen seperti kesadaran tubuh, pernapasan, gerakan, dan meditasi dalam satu aliran. Yang lebih menggembirakan, selain mudah dan dapat dilakukan dimana pun, terapi ini tidak memerlukan biaya sedikit pun.
Caranya, bernapaslah sampai hitungan ke empat, coba untuk mengisi paru-paru Anda dengan udara dari bawah hingga atas dengan mendorong perut Anda, kemudian diikuti sampai mencapai tulang rusuk bagian bawah hingga akhirnya pastikan bagian dada Anda teluh penuh akan udara, tahan selama tiga detik, kemudian hembuskan. Bernapas dapat mengalihkan Anda dari rasa sakit.
Sebagian rasa nyeri akan datang dan pergi, dan sebagian lagi cenderung tidak kunjung hilang. Jika hal itu terjadi (nyeri yang tak kunjung hilang), itu artinya Anda perlu mendapatkan pengobatan melawan rasa sakit.

Inilah cara jitu menyembuhkan sakit kepala

Posted: 07 Jun 2012 09:55 AM PDT

Ada banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala, salah satunya dengan minum obat pereda nyeri. Namun ada pula beberapa cara alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mengusir penderitaan akibat sakit kepala:
1. Biofeedback
Ini adalah suatu metode menggunakan sensor elektronik untuk memonitor fungsi tubuh seperti masalah ketegangan otot, suhu kulit, detak jantung, dan tekanan darah. Keterangan kondisi pasien biasanya akan terlihat melalui suara atau gambar di komputer. Studi menunjukkan, biofeedback sangat efektif untuk mengatasi migrain dan ketegangan di kepala. Sebuah analisis terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Headache menunjukkan terapi perilaku, seperti biofeedback, lebih hemat biaya dibandingkan pemberian resep obat.
2. Akupunktur
Dalam metode akupunktur, jarum tipis dimasukkan ke bawah lapisan kulit untuk menyetel kembali aliran energi, atau qi, di dalam tubuh. Sebuah analisis oleh para ahli yang dikenal sebagai Cochrane reviewmenemukan,  akupunktur dapat membantu mencegah migrain akut dengan lebih sedikit efek samping. Bukti juga menunjukkan bahwa akupunktur dapat membantu orang dengan sakit kepala kronis
3. Pijat
Untuk pertolongan sementara sakit kepala, Anda bisa mencoba untuk menggosok pelipis atauleher, punggung, kepala, atau bahu. "Anda akan merasa lebih baik sementara waktu, tapi kemudian Anda harus melakukannya lagi," kata Salwa H. Hanna, MD,  pemilik dan direktur medis dari Headache Clinic of Denver. Dalam sebuah penelitian kecil, penderita migren yang mendapatkansesi pijat selama enam minggu, frekuensi migrainnya cenderung berkurang dan mendapatkan kualitas tidur lebih baik.
4. Peregangan
Lakukan peregangan untuk mengurangi otot tegang yang memberi kontribusi terhadap nyeri. Cobalah tiga gerakan ini :  gerakan leher (dagu ke depan, ke atas, dan ke samping kiri dan kanan); gerakan bahu (gerakan bahu ke atas, putar bahu ke depan dan belakang); dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama lima detik, relaks selama lima detik, dan ulangi setiap peregangan tiga sampai lima kali.
5. Aerobik
Latihan aerobik yang teratur, seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang, dapat mengurangi intensitas dan frekuensi migrain, menurut National Pain Foundation. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Headache terhadap pasien migrain yang melakukan senam teratur selama 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan, ada peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya angka kejadian migrain, serta intensitas nyeri.
6. Meditasi
Berbagai teknik meditasi dapat digunakan untuk memfokuskan perhatian dan menenangkan pikiran dari gangguan seperti nyeri kronis. Pada titik ini, ada sedikit data tentang efek dari meditasi pada migrain. Para peneliti di Johns Hopkins School of Medicine, di Baltimore, yang terlibat dalam percobaan klinis mencoba menentukan apakah Vipassana - teknik meditasi kuno India yang berfokus pada pikiran - dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Sebuah riset kecil pada penderita migrain menemukan bahwa meditasi spiritual mengurangi frekuensi sakit kepala dan toleransi nyeri yang lebih baik ketimbang meditasi sekuler dan relaksasi otot.
7.  Yoga
Sebuah penelitian kecil mengenai sakit kepala melibatkan dua kelompok pasien migrain secara acak yang ditugaskan melakukan terapi yoga selama tiga bulan. Hasilnya, dibandingkan dengan kelompok kontrol, peserta yoga lebih sedikit mengalami serangan sakit kepala.
8. Latihan relaksasi
Menarik napas panjang, santai mendengarkan musik atau menggunakan pencitraan mental, dapat membantu orang rileks dan mungkin terhindar dari sakit kepala. Temuan ini perlu penelitian lebih lanjut.
Namun, sebuah penelitian terhadap 90 penderita sakit kepala menemukan bahwa pelatihan relaksasi dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik ketimbang akupunktur.
9. Terapi panas dan dingin
Siapapun dapat menggunakan terapi ini. Bahkan, tidak ada risiko bagi wanita hamil dengan sakit kepala. Untuk mengurangi rasa tegang di leher, Anda bisa memberikan sensasi panas ke bagian belakang leher. Untuk sakit kepala, Anda juga dapat menempelkan es ke daerah pelipis.
Menurut penjelasan Edmund Messina, MD, dokter yang berpraktik di Michigan Headache Clinic, pembuluh arteri yang menyuplai darah ke dura (lapisan otak) letaknya di belakang lapisan tulang tipis di daerah pelipis. "Dura akan meradang pada saat Anda mengalami  migraine. Menurunkan suhu pada pembuluh darah yang melewati  area tersebut diyakini dapat meredakan rasa sakit yang timbul," ujarnya.
10. Hindari nitrat dan nitrit
Para ahli menganjurkan untuk menghindari zat-zat yang dapat merangsang sakit kepala, termasuk nitrit dan nitrat dalam daging olahan dan monosodium glutamat (MSG) yang digunakan dalam makanan sebagai penambah rasa. Beberapa obat jantung juga mengandung nitrat.
Sementara itu, kafein, alkohol, phenylethylamine (yang ditemukan dalam coklat dan keju), tiramin (ditemukan dalam kacang-kacangan dan daging fermentasi, keju, dan kedelai), dan aspartam (pemanis buatan dalam makanan banyak) adalah sebagian pemicu dari sakit kepala.
11. Botox
Suntikan Botox telah disetujui FDA untuk mengobati orang dewasa dengan migrain kronis. Dua penelitian besar yang didanai oleh Allergan (pembuat Botox), menunjukkan penurunan frekuensi sakit kepala. Tapi kelompok yang menerima suntikan plasebo menunjukkan perbaikan juga. Namun, beberapa pihak masih mempertanyakan efektivitas terapi itu. "Botox menghasilkan euforia pada mereka yang ketagihan untuk itu, tapi aku belum pernahmelihat cara kerjanya," kata Dr Messina.
12. Stimulasi transkranial magnetik
Sebuah penelitian baru menemukan, ketika pasien diberik stimulasi magnetik transkranial pada otaknya, mereka mendapat pertolongan lebih baik dalam mengatasi masalah sakit kepala ketimbang mereka yang diobati dengan plasebo. Terapi yang bersifat noninvasif ini berlangsung selama satu atau dua jam dan dilakukan di suatu klinik khusus.
Terapi dilakukan dengan cara menempatkan koil  elektromagnetik ke dekat kepala untuk mengirimkan sinyal atau gelombang. Namun demikian, stimulasi magnetik transkranial masih dianggap sebagai terapi eksperimental untuk mengobati migrain.
13. Elektroda implan
Problem sakit kepala kambuhan di masa depan mungkin akan terselesaikan dengan penggunaan elektroda yang ditanam di leher atau otak untuk meredakan nyeri.
Salah satu jenis terapi yang disebut stimulasi saraf oksipital, muncul sebagai pengobatan menjanjikan dalam pengobatan sakit kepala kluster dan migrain, meski terapi ini masih perlu dikaji melalui studi berskala besar. Dalam perawatan ini, elektroda ditanamkan di dasar tengkorak, dekat saraf oksipital.

Keripik sirih bisa cegah ejakulasi dini?

Posted: 07 Jun 2012 09:51 AM PDT

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil mengolah daun sirih menjadi keripik sirih yang ternyata mampu mencegah ejakulasi dini. Bahkan tak hanya mencegah ejakulasi dini, keripik sirih pun mampu merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran.

Novita Dewi Larassati, Urla Tri Wulanzani, Setia Paranita dan Dita Kristanti, inilah tiga mahasiswa yang berhasil membuat inovasi keripik sirih tersebut. Menurut Novita,  inovasi barunya ini terpicu karena daun sirih sudah jarang dikonsumsi oleh masyarakat. Padahal dalam tradisi zaman dulu, daun sirih justru banyak dikonsumsi kaum wanita dengan tradisinya yang disebut menginang. Menginang adalah mengunyah daun sirih dengan gambir, pinang, dan kapur.

"Daun sirih memiliki banyak khasiat seperti mengatasi bau mulut, sariawan, dan menjadikan gigi kuat. Sangat disayangkan bila daun sirih tidak dikonsumsi oleh masyarakat," paparnya. 

Dirinya melanjutkan, pemilihan keripik sebagai olahan daun sirih dimaksudkan agar daun sirih disukai semua kalangan. Keripik sirih adalah camilan sehat yang  tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan.

Sirih  mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman yang bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran. Bahkan, daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik atau meredakan rasa nyeri. Sirih pun mengandung tannin yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

Urla Tri Wulanzani menambahkan bahwa daun sirih mengandung bahan kimia seperti minyak asiri,hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvacrok, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen,kadimen estragol, terpenena, fenil propada, tanin, dan sebagainya. "Karena kelengkapan kandungan senyawa kimia inilah daun sirih memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat," ujar Urla.

Terkait dengan proses pembuatannya, keripik sirih membutuhkan bahan seperti daun sirih, tepung beras, garam, kemiri, ketumbar, kunir, telur, bawang putih, air, dan minyak goreng. Sementara itu, keripik sirih ini berhasil mendapatkan dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011 di bidang kewirausahaan.

Beginilah cara kunyit mencegah kepikunan

Posted: 07 Jun 2012 09:49 AM PDT

Tahukah Anda bahwa kunyit juga menyimpan manfaat tersembunyi terutama dalam mencegah penyakit demensia atau pikun? 

Ya, sebuah riset terbaru mengindikasikan, mengonsumsi kari secara rutin dapat mengurangi risiko mengembangkan kondisi kesehatan yang terkait dengan penuaan seperti demensia. 

Para ahli dari Linkoping University, Swedia, menyarankan, memasukkan kari ke dalam menu harian sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu cukup untuk menurunkan kemungkinan seseorang menderita demensia di kemudian hari.  Peneliti berpendapat, kandungan tinggi kurkumin dalam kunyit berperan sangat penting dan merupakan agen utama yang mencegah terjadinya demensia.

Dalam risetnya, ilmuwan dari Swedia melakukan serangkaian percobaan ilmiah dan menguji manfaat potensial dari kurkumin pada lalat buah. Hasilnya sangat mengejutkan, karena ternyata lalat yang menerima beberapa dari kurkumin secara terus menerus memiliki usia hidup lebih lama (75 persen) ketimbang lalat yang tidak menerima pengobatan kurkumin.

Temuan ini dipublikasikan pada bulan Februari dalam journal PLoS One. Peneliti mengatakan bahwa temuan ini sekaligus menjadi penjelasan ilmiah mengapa risiko Alzheimer dan demensia sangat jarang terjadi di beberapa negara Asia.
Cara kerja
Para ilmuwan menggarisbawahi bahwa kurkumin tidak bisa memecah formasi plak amiloid - protein pada otak yang merusak sel saraf  - namun memainkan peran penting dalam mempercepat pembangunan serat saraf. Senyawa dalam kurkumin juga dipercaya para ahli dapat mengurangi pembentukan oligomer, molekul berukuran sedang yang terbentuk di dalam serat saraf yang berbahaya untuk sel-sel saraf.

Prof Per Hammarstrom, salah satu pemimpin studi, mengatakan, sebenarnya ada sejumlah teori yang menjelaskan soal bagaimana cara kerja oligomer sehingga dapat menyebabkan proses degeneratif pada otak. Salah satunya, misalnya, terjebaknya oligomer di dalam serabut saraf sehingga merusak rangsangan sinyal yang datang dari otak. 

Akibatnya, rangsangan sinyal menjadi terhambat, dan disinilah kurkumin bekerja dengan memperbaiki proses ini. Hammarstrom menambahkan bahwa masih ada banyak lagi manfaat kesehatan yang diperoleh dari kurkumin termasuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan, menurunkan risiko masalah kardiovaskular seperti serangan jantung atau trombosis, serta sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

2 Cara sehat untuk mencegah hipertensi

Posted: 07 Jun 2012 09:44 AM PDT

Riset terbaru para ilmuwan mengindikasikan, konsumsi dua jenis makanan ini patut dipertimbangkan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Dua penelitian yang dipresentasikan pada American College of Cardiology Conference pekan lalu menunjukkan, kismis dan kedelai dapat membantu mencegah hipertensi. Menurut salah seorang peneliti, mengunyah segenggam kismis tiga kali sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tensinya sedikit di atas rata-rata (pra-hipertensi) setelah beberapa minggu.

Dalam risetnya, peneliti melakukan pengujian secara acak melibatkan 46 orang dengan kondisi pra-hipertensi. Peserta studi diketahui memiliki tekanan darah berkisar antara 120 per 80 militer merkuri (mm Hg) sampai 139 per 89 mm Hg atau lebih tinggi dari tekanan darah orang normal.

Dibandingkan dengan orang yang sering mengonsumsi makanan ringan seperti kue atau biskuit, kelompok pemakan kismis secara signifikan mengalami penurunan tekanan darah atau tekanan darah sistolik sebesar 10,2, atau tujuh persen selama 12-minggu masa studi. Para peneliti tidak mengetahui secara pasti mengapa kismis dapat bekerja efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tetapi, mereka berpikir hal ini mungkin disebabkan karena tingginya kadar kalium buah kismis tersebut.

"Kismis kaya akan kandungan kalium, yang telah dikenal manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah," kata pemimpin penelitian, Harold Bays, direktur medis dari Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center.

"Kismis juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan yang dapat mengubah biokimia pada pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat mengurangi tekanan darah," tambahnya.

Segenggam kismis (sekitar 60 biji kismis) mengandung satu gram serat dan 212 miligram potasium. Kismis sering direkomendasikan sebagai bagian dari diet tinggi serat dan rendah lemak untuk mengurangi tekanan darah.

Sementara pada studi yang lain, di mana melihat khasiat kedelai, menunjukkan bahwa asupan makanan harian seperti tahu, kacang, dan teh hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah lebih dari 5.100 orang kulit putih Afrika Amerika berusia 18-30 tahun. Penelitian ini dimulai pada tahun 1985. Di sini, setiap peserta diminta untuk melaporkan sendiri data tentang apa yang mereka makan.

Mereka yang mengonsumsi sekitar 2,5 atau lebih miligram isoflavon per hari - komponen utama dalam kedelai - tekanan darah sistolik turun secara signifikan (rata-rata 5,5 mmHg lebih rendah) ketimbang mereka yang makan kurang dari 0,33 mg per hari. Segelas susu kedelai mengandung sekitar 22 mg isoflavon, atau hampir 10 kali jumlah yang dibutuhkan. 

"Temuan kami menunjukkan adanya manfaat dari konsumsi isoflavon secara moderat pada orang dewasa hitam dan putih dalam mengatur tekanan darah," kata Safiya Richardson, peneliti utama studi tersebut.

Richardson menambahkan, konsumsi kedelai bisa menjadi cara untuk orang dengan pra-hipertensi agar tidak menjadi hipertensi. Kedelai dan isoflavon bekerja dengan meningkatkan enzim yang membuat oksida nitrat, yang pada gilirannya membantu untuk memperlebar pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.
"Berdasarkan hasil temuan ini dan studi sebelumnya, kita mendorong orang dewasa untuk memasukkan produk kedelai dalam diet harian mereka untuk mengurangi kemungkinan terkena tekanan darah tinggi," kata Richardson.

Ternyata dibalik pedasnya cabai bisa sehatkan jantung

Posted: 07 Jun 2012 09:42 AM PDT

Studi yang dipimpin oleh Profesor Zhen Yu Chen dari Chinese University of Hong Kong itu diungkapkan dalam forum National Meeting of American Chemical Society ke-243 di San Diego, Amerika Serikat.

Dari pengujian mereka semakin terbukti, senyawa capsaicin yang memberikan rasa pedas pada cabai mampu meningkatkan kerja organ jantung.

Zat-zat capsaicinoid dalam capsaicin dapat mengurangi akumulasi kadar kolesterol pada tubuh, dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat, kemudian membuangnya keluar lewat feses.Capsaicinoid memblokir cyclooxygenase-2, suatu gen yang membuat pembuluh arteri berkontraksi dan dapat menghalangi aliran darah ke jantung.

Capsaicinoid pun efektif memicu penurunan lemak di pembuluh darah. Lemak ini dapat mempersempit arteri dan memicu penyakit jantung atau stroke. Kesimpulannya, zat yang tergolong dalam capsaicinoidmembantu meningkatkan kerja jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Meski demikian, diingatkan Chen, konsumsi cabai yang berlebihan juga tidak direkomendasikan bagi kesehatan para penderita penyakit jantung. Sebab, cabai memang bukanlah pengganti dari obat-obatan penyakit jantung yang telah ada saat ini.

"Pada dasarnya diet yang baik adalah diet yang seimbang. Cabai ini mungkin bisa dibilang sebagai suplemennya," imbuh pakar ilmu gizi dan pangan tersebut.

Wah hebat.. Jamu Indonesia siap tembus pasar Cina

Posted: 07 Jun 2012 09:40 AM PDT

Tidak lama lagi, produk jamu Indonesia Indonesia bakal menembus pasar Cina. Hal itu dipastikan setelah Asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat (GP Jamu) berhasil menjalin kesepakatan kerjasama dengan China Chamber of Commerce for Import and Export of Medicine and Health Product.

Demikan diungkapkan Charles Saerang, selaku Ketua Umum Asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat (GP Jamu), saat acara media gathering PT. Nyonya Meneer, Kamis, (5/4/2012), di Jakarta.

"Terus terang saja, Cina itu merasa bahwa produk asing khususnya Indonesia dianggap sebagai produk yang  punya kelebihan, tetapi susah masuknya," katanya. 

Saerang menyampaikan, salah satu isi perjanjian kerja sama tersebut di antaranya adalah saling tukar menukar informasi terkait permasalahan yang dihadapi oleh kedua negara dalam mengembangkan jamu dan saling membantu mengenalkan produk dan teknologi baru kepada pasar lokal di masing-masing negara. 

"Semua produk herbal kita bisa masuk ke Cina dengan catatan dalam bentuk makanan dan minuman," katanya.

Menurut Saerang, saat ini pihaknya tengah fokus pada pengembangan jamu dengan berbahan dasar temulawak, jahe, pegagan, kencur dan  sambiloto untuk dieskpor ke Cina. Bahkan menurutnya, lima tanaman unggulan pengusaha jamu tersebut sudah dibuat penelitiannya dan diharapkan dapat mengobati empat penyakit seperti rematik, diabetes, liver dan darah tinggi.

"Kita akan siapkan ekstraknya. Kelimanya sudah siap dipasarkan dan tinggal cari local partner," sambungnya.

Saerang berharap kerjasama tersebut bisa terealisasikan segera pada tahun ini. "Diharapkan ke depannya tanaman jamu kita bisa menjadi tanaman unggulan untuk ekspor," tutupnya.

Ibu hamil wajib test Malaria

Posted: 07 Jun 2012 09:34 AM PDT

Secara alami, ibu hamil mengalami anemia. Jika mereka juga terkena malaria, anemia menjadi semakin parah. Hal ini akan mengganggu distribusi nutrisi dan oksigen dari ibu ke janin sehingga mengganggu pertumbuhan janin ataupun bayi setelah dilahirkan.

"Ibu hamil di daerah endemis malaria, seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur, akan menjalani deteksi dini malaria," kata Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang, Kementerian Kesehatan, Rita Kusriastuti, dalam Rapat Kerja Forum Nasional Gebrak Malaria di Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Anemia ditandai dengan menurunnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Kadar hemoglobin perempuan dewasa adalah 12 gram per desiliter (gr/dl). Saat hamil, kadar hemoglobin turun jadi 11 gr/dl. Jika kena malaria, kadar hemoglobin anjlok menjadi 5 gr/dl-7 gr/dl. Padahal, hemoglobin merupakan pembawa oksigen dalam darah.

Jeanne Rini Poespoprodjo dalam tulisan Malaria dalam Kehamilan di buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Volume I Triwulan I 2011 menyebut, malaria pada ibu hamil bisa memicu bayi lahir dengan berat badan rendah (kurang dari 2.500 gram), kelahiran prematur dan kematian perinatal (saat baru lahir). Janin yang terpapar parasit malaria dapat mengalami infeksi sehingga sistem imun termodifikasi dan memengaruhi respons terhadap malaria di usia 1-2 tahun.

Menurut Rita, program deteksi dini malaria akan dikembangkan di Kalimantan dan Sulawesi, tetapi hanya di daerah endemis. Proses deteksi dilakukan dengan tes diagnostik cepat yang hanya perlu waktu 15 menit.

Tes dilakukan pada kehamilan trimester pertama saat ibu hamil memeriksakan diri ke puskemas. Seusai tes, ibu mendapat kelambu berinsektisida guna mengurangi risiko malaria.

Pengobatan malaria pada ibu hamil dilakukan berdasarkan pada usia janin. Pada trimester pertama, ibu diberi kina karena efeknya lebih ringan dibandingkan terapi kombinasi berbasis artemisinin (ACT). ACT diberikan pada trimester kedua dan ketiga. Obat ini harus diminum tiga hari berturut-turut dengan efek mual dan muntah.

Putri Astrid dari Kerajaan Belgia yang hadir dalam acara itu sebagai Perwakilan Khusus Kemitraan Roll Back Malaria berharap penanganan malaria komprehensif membuat ibu melahirkan bayi sehat dan tumbuh tanpa terganggu malaria.

Malaria merupakan penyakit tropis yang masih menjadi ancaman dunia. Di Indonesia, walau secara nasional kasusnya relatif rendah, di wilayah timur kasusnya masih sangat tinggi. Penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi keenam pada kelompok penyakit menular di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, Laporan Malaria Dunia (World Malaria Report) 2011 mencatat, 3,3 miliar penduduk dunia berisiko terkena malaria. Dari jumlah itu, ada 216 juta kasus positif malaria dan 655.000 kematian.

Di Indonesia, tahun 2011 dilaporkan ada 475.508 kasus positif malaria dari 2,38 juta kasus terduga malaria.

Target eliminasi

Dalam target Tujuan Pembangunan Milenium 2015, angka kesakitan malaria per 1.000 penduduk berisiko dalam satu tahun (API) ditargetkan di bawah 1 kasus per 1.000 orang. Tahun 2011, API masih 1,75 kasus per 1.000 orang.

Menurut Tjandra, Indonesia menargetkan bebas malaria tahun 2030. Upaya dilakukan secara bertahap. Pada 2015, ditargetkan Jawa, Aceh, dan Kepulauan Riau bebas dari malaria.

Eliminasi malaria tak mudah. Di Indonesia, upaya pembasmian malaria dilakukan sejak tahun 1959. Namun, hingga kini di Jawa selatan masih ditemukan kasus malaria.

Menurut Rita, pembukaan hutan, galian bekas pertambangan, atau tambak ikan yang ditelantarkan membuat kasus malaria terus berkembang sehingga memicu kematian dan mengurangi produktivitas kerja.

Pengobatan malaria terancam resistensi obat akibat pola minum obat yang salah. Di masa sebelum kemerdekaan, malaria diobati dengan kina. Setelah terjadi resistensi, pemerintah mengganti dengan klorokuin. Kini parasit malaria sudah resisten terhadap klorokuin sehingga diganti dengan ACT.

Di sejumlah negara, penggunaan ACT sudah menghadapi masalah resistensi. Untuk mencegah, distribusi ACT di Indonesia dikendalikan pemerintah, tidak dijual bebas di apotek, seperti klorokuin.

Perbesar payudara dengan cangkok lemak

Posted: 07 Jun 2012 09:32 AM PDT

Menurut dr. Linawati Makmur, spesialis bedah plastik dari Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, prosedur fat grafting sangat minim invasif dan bisa menjadi alternatif untuk pembesaran payudara di samping metode implan payudara.

"Prosedur ini tidak memerlukan sayatan yang besar hanya 1 cm, sehingga recovery-nya juga lebih cepat. Lemak biasanya akan diambil dari bagian perut atau paha dalam," katanya, usai acara grand opening Skin Plastic Surgery & Aesthetic Clinic, Senin (30/4/2012), di Jakarta.

Lina mengungkapkan, prosedur fat grafting, biasanya memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama dan berkesinambungan ketimbang pemasangan implan payudara. Metode ini tidak bisa selesai hanya dalam satu sesi dan harus diulang setelah 6 (enam) bulan, tergantung dari seberapa besar penambahan ukuran payudara.
"Apakah size penting untuk pasien? Kalau size penting dia tidak akan mau fat grafting, karena harus dilakukan berulang-ulang. Kandidat fat grafting adalah orang yang ingin sedikit mengisi tidak dengan ukuran yang besar," jelasnya.

Lina pun mengakui prosedur ini memiliki kekurangan. Pasalnya, meskipun sudah menggunakan lemak yang berasal dari tubuh pasien sendiri, tidak berarti bahwa lemak yang disuntikkan bisa tumbuh semua. Tergantung dari aliran darah di dalam tubuh dan teknik memasukan fat (lemak).
"Sisanya lemak yang tidak berhasil tumbuh akan diserap oleh tubuh kita atau kalau tidak bisa diserap akan tumbuh seperti benjolan-benjolan kecil," katanya.

Akan tetapi, pasien tidak perlu terlalu khawatir akan adanya benjolan kecil ini, karena benjolan tersebut tidak akan berubah menjadi sel kanker atau menjadi kanker payudara. Hebatnya lagi, prosedur pencangkokan lemak ini tidak akan memengaruhi atau mengurangi sensitivitas atau sensasi.

Anggapan keliru masyarakat tentang otopsi

Posted: 07 Jun 2012 09:29 AM PDT

Masih banyak masyarakat, khususnya dari pihak keluarga korban yang tidak menginginkan hal itu dilakukan.  

"Ada hal-hal atau situasi tertentu, di mana bedah mayat tidak bisa dilakukan. Karena tekanan-tekanan masyarakat dan tekanan sosial," ujar Prof. DR. Herkutanto, dr., SpF, ahli forensik dari Departemen Forensik dan Medikolegal FKUI/RSCM, saat acara seminar Peran Kedokteran Forensik dalam Sistem Peradilan, di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Salemba Jakarta, Selasa, (15/5/2012).  

Herkutanto mengatakan, banyaknya penolakan otopsi yang datang dari pihak keluarga korban umumnya disebabkan karena ketidaktahuan mereka tentang otopsi. Padahal dengan otopsi bisa diketahui penyebab pasti kematian, mekanisme kematian dan saat kematian.

Banyak yang beranggapan bahwa proses ptopsi tidak berguna karena tidak bisa menghidupkan kembali korban yang sudah mati. Kemudian ada pula yang berpikir bahwa dengan diperiksa bagian dalamnya, maka ada organ tubuh yang kemudian diambil. 

"Perlu diketahui bahwa organ-organ itu tadi tidak ada gunanya secara medis. Itu hanya suatu anggapan yang sangat keliru," jelasnya.

Oleh sebab itu, perlu beberapa persiapan sebelum proses otopsi dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan penjelasan kepada keluarga, mengapa perlu pembedahan mayat, apa yang dilakukan dan setelah selesai organ tubuh dikembalikan ke tempatnya dan dijahit.

"Faktor penghalang utama memang kebanyakan dari keluarga. Kalau ada orang yang bukan keluarga lalu menghalang-halangi maka akan menjadi aneh," ujarnya.

Pemeriksaan forensik pada korban meninggal biasanya dilakukan atas permintaan penyidik/polisi pada korban mati yang diduga akibat tindak pidana, korban mati tidak wajar atau diduga mati tidak wajar.

Berdasarkan cara kematian, kematian dibagi menjadi dua, yakni kematian wajar dan tidak wajar. Kematian wajar adalah kematian yang disebabkan oleh penyakit. Sedangkan kematian tidak wajar biasanya karena bunuh diri, pembunuhan dan kecelakaan.

Kematian wajar paling banyak terjadi karena penyakit kardiovaskular (lebih dari 70 persen). Sedangkan kematian tidak wajar paling banyak karena kekerasan benda tumpul, tajam dan senjata api.

Makanan lemak bisa picu kerusakan otak

Posted: 07 Jun 2012 09:28 AM PDT

Mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal dapat memperbaiki fungsi dan memori otak. Hal ini menunjukkan bahwa lemak dapat memiliki efek yang sama pada otak seperti yang mereka lakukan pada jantung, ungkap para peneliti.

"Membuat perubahan dengan makan lebih sedikit lemak jenuh dan makan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal lebih mungkin dapat membantu mencegah penurunan kognitif pada orang tua," kata pemimpin studi, Dr Olivia Okereke, asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School.
"Hal ini penting karena penurunan kognitif mempengaruhi jutaan orang tua. Ini adalah area penelitian yang menjanjikan."

Sama seperti berolahraga, menjaga berat badan yang sehat dan tidak merokok, mungkin menjadi faktor lain yang dapat dimodifikasi dalam memerangi penurunan mental.

Temuan ini dirilis secara online pada 18 Mei 2012 dalam Annals of Neurology.

Dalam pengkajiannya, Okereke dan tim mengumpulkan data dari 6.000 perempuan yang mengambil bagian dalam U.S. Women Health Study. Setiap partisipan menjalani tiga fungsi tes otak setiap dua tahun selama rentang rata-rata empat tahun.

Peneliti juga meminta para partisipan untuk mengisi kuesioner secara rinci tentang makanan yang mereka konsumsi pada awal penelitian dan sebelum tes otak dilakukan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, wanita yang mengkonsumsi jumlah tertinggi lemak jenuh memiliki fungsi otak dan memori terburuk secara keseluruhan ketimbang wanita yang mengkonsumsi paling sedikit lemak jenuh.

Peneliti juga mencatat bahwa wanita yang mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal paling banyak mendapatkan skor tertinggi saat menjalani tes otak selama empat tahun pengujian.

Lemak jenuh berasal dari lemak hewani seperti daging merah dan mentega, sedangkan lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam minyak zaitun dan produk nabati lainnya.

Dalam studi tersebut, peneliti telah memperhitungkan banyak hal yang dapat mempengaruhi temuan, termasuk usia, pendidikan, olahraga, merokok, konsumsi alkohol, penggunaan obat dan kondisi kesehatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa temuan ini bukan akibat perilaku kesehatan yang lebih baik di kalangan perempuan perserta studi.

"Kami pikir tidak mungkin bahwa temuan mengenai lemak makanan terutama akan dijelaskan dengan gaya hidup sehat pada mereka dengan pendidikan yang lebih," kata Okereke.

Meskipun riset ini hanya dilakukan pada kalangan perempuan, "akan masuk akal apabila temuan yang kita lihat pada wanita juga harus berlaku bagi pria," tambahnya.

Samantha Heller, seorang ahli diet, ahli gizi, ahli fisiologi olahraga dan koordinator nutrisi klinis di Center for Cancer Care, Griffin Hospital di Derby, Connecticut, berpendapat, "Tampak bahwa efek makan tinggi lemak jenuh dan makanan yang terkait, seperti daging merah dan olahan, keju dan mentega, dari waktu ke waktu akan memberikan efek kesehatan yang buruk."

Heller menambahkan, penelitian ini mendukung riset sebelumnya yang telah menemukan hubungan antara lemak jenuh, insiden penyakit Alzheimer dan penurunan fungsi otak.

"Lemak jenuh dikaitkan dengan peningkatan risiko aterosklerosis, kanker dan diabetes, dan dapat meningkatkan timbunan lemak di perut Anda," kata Heller.

"Timbunan lemak sendiri akan meningkatkan risiko untuk penyakit jantung, diabetes, kanker tertentu dan penyakit Alzheimer," katanya.

"Untuk menurunkan asupan lemak jenuh, memilih makanan susu rendah lemak atau tanpa lemak seperti susu bebas lemak dan yogurt, unggas tanpa kulit dan ikan. Batasi daging merah dan olahan seperti," saran Heller.

Bahaya.. Resiko sakit saraf akibat jenas ketat

Posted: 07 Jun 2012 09:21 AM PDT

Menurut laporan ABC News, memakai celana jeans ketat berpotensi menyebabkan kerusakan pada saraf dalam jangka panjang. Dr. Karen Boyle, dokter ahli kesuburan pria dari Chesapeake Urology Associates pada Greater Baltimore Medical Center (GBMC) mengatakan, ia pernah menemukan sejumlah kasus perempuan yang mengalami kesemutan, mati rasa dan rasa sakit di kaki bagian atas karena memakai jeans kelewat ketat.

Mereka menderita kondisi yang disebut 'meralgia paresthetica' - gangguan yang terjadi ketika salah satu saraf di bagian luar paha mengalami tekanan atau kompresi. Boyle menyatakan, salah seorang perempuan menggambarkan keluhan itu sebagai "sensasi mengambang" yang membuatnya merasa lemah ketika ia berjalan. Ia juga memperingatkan, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi ditambah balutan jeans ketat bisa memperburuk masalah.

Menggunakan hak tinggi dapat mengubah sumbu panggul sehingga lebih miring ke depan dan pantat ke belakang untuk membuat kaki Anda terlihat lebih panjang. Walaupun membuat tubuh tampak lebih seksi, namun hal itu bisa membahayakan dan menambah tekanan pada bagian saraf dan membuat gejala atau keluhan yang muncul menjadi lebih buruk.

Ini bukan pertama kalinya dokter memperingatkan bahaya mengenakan celana terlalu ketat. Pada tahun 2003, seperti dimuat Jurnal Asosiasi Medis Kanada, tiga perempuan dilaporkan menderita gejala kesemutan atau rasa panas pada paha mereka. Salah seorang di antaranya disangka mengidapmultiple sclerosis. Tiga wanita ini diketahui memiliki kelebihan berat badan dan mengenakan celana ketat selama sekitar delapan bulan sebelumnya. Setelah menggantinya dengan  celana lebih longgar, gejala dan keluhan sakit menghilang.

Bagi mereka yang ingin tetap kelihatan seksi dan kurus, Boyle menyarankan untuk memilih jeggingsatau skinny jeans dengan bahan yang lebih lentur.

Jika Anda merasa kesemutan dan mati rasa di kaki Anda, pilihan terbaik adalah berhenti memakai pakaian yang menimbulkan risiko, kata Dr Boyle. Dia juga mengingatkan, bila Anda untuk mengabaikan rasa sakit dan terus memakai jeans ketat, bukan tak mungkin kerusakan pada saraf akan menjadi permanen. Sedangkan bagi pria yang tengah berupaya memiliki anak, penggunaan jeans ketat juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan testis terlalu panas, menurunkan kualitas sperma.

Wah.. Kasus kanker naik hingga 75% pada 2030

Posted: 07 Jun 2012 09:20 AM PDT

Kajian para ahli menunjukkan, kasus kanker di dunia diperkirakan bakal melonjak hingga 75 persen pada 2030 mendatang. Peningkatan kasus kanker paling tinggi diramalkan terjadi di negara-negara termiskin dengan proyeksi kenaikan bisa mencapai 90 persen.

Seperti yang dilaporkan dalam jurnal The Lancet Oncology edisi online pada Kamis (31/52012), para ilmuwan menyatakan bahwa rata-rata jenis kanker tertentu seperti kanker serviks dan kanker perut diramalkan menurun di negara-negara berkembang. Tetapi, penurunan ini kemungkinan akan diimbangi oleh melonjaknya berbagai jenis kanker yang berkaitan dengan gaya hidup "barat", seperti kanker payudara, prostat dan kolorektal.

Dalam risetnya, para ahli menganalisa data kanker International Agency for Research on Cancer (IARC) dari 184 negara pada 2008 lalu. Analisa ini dimaksudkan untuk menguji bagaimana tren kanker saat ini yang bervariasi di berbagai negara berdasarkan tingkat pembangunan, yang diukur berdasarkan indeks pembangunan manusia (Human Development Index/HDI).

Saat ini, negara-negara dengan tingkat HDI rendah (seperti di negara sub-Sahara Afrika) memiliki kasus kanker yang tinggi untuk jenis yang berkaitan dengan infeksi seperti kanker serviks,  kanker hati, kanker perut dan tumor Kaposi Sarkoma. Negara-negara dengan tingkat HDI lebih tinggi (seperti Australia, Brazil, Rusia dan Inggris ) memiliki rata-rata kanker yang tinggi untuk jenis yang berkaitan dengan merokok  (kanker paru), faktor-faktor reproduktif, obesitas dan diet (payudara, prostat dan kolorektal).

Membaiknya standar kesejahteraan pada negara-negara yang HDI-nya rendah dapat menurunkan kasus kanker yang berkaitan dengan infeksi. Tetapi negara-negara ini juga bisa mengalami peningkatan yang drastis pada jenis-jensi kanker yang kini berkembang di negara dengan rata-rata HDI lebih tinggi, kata peneliti dalam laporannya.

Rata-rata kasus kanker bisa meningkat hingga  93 persen di negara dengan HDI rendah pada 2030 nanti, dan pada periode yang sama peningkatan sebesar 78 persen bakal terjadi di negara-negara dengan HDI menengah  (seperti Afsel, China dan India), menurut pimpinan riset Dr. Freddie Bray dari IARC.

Peneliti juga menemukan, rata-rata kanker prostat dan kanker payudara akan meningkat di negara-negara dengan HDI menengah, tinggi, atau sangat tinggi. Selain itu, rata-rata kasus kanker perut dan kanker serviks secara umum akan mengalami penurunan di negara-negara dengan HDI menengah , tinggi atau sangat tinggi.

Kanker paru saat ini bukan merupakan jenis kanker yang banyak ditemukan di negara dengan HDI rendah, tetapi akan berubah jika kebiasaan merokok tidak diatur secara efektif di negara-negara ini. Para peneliti juga menemukan bahwa  40 persen kasus kanker di seluruh dunia pada 2008 terjadi di negara-negara dengan tingkat HDI sangat tingi, meskipun mereka hanya berpenduduk 15 persen dari populasi dunia.

Sebelumnya, IARC pernah membuat prediksi, bahwa pada tahun 2030, akan ada 26 juta kasus baru kanker dan 17 juta orang di antaranya akan meninggal akibat kanker.

Ternyata pria lebih banyak menyimpan bakteri daripada wanita

Posted: 07 Jun 2012 09:16 AM PDT

Sebuah penelitian baru menyatakan lebih dari 500 jenis bakteri ditemukan di sebuah kantor di Amerika Serikat. Penelitian sebelumnya menyebutkan jumlah bakteri yang sama juga ditemukan di sebuah kamar mandi dan pesawat terbang.

Para tim peneliti mencatat bahwa kumpulan bakteri ternyata terkonsentrasi pada ponsel dan kursi di kantor. Hasil temuan ini tentunya masuk akal karena posisi mulut kita yang berdekatan dengan gagang telepon saat menelepon.

Sementara untuk temuan bakteri yang ditemukan di kursi, para ilmuwan sedikit kesulitan untuk menjelaskannya. Kenyataannya para ilmuwan ini lebih mudah menangkap mikroba ini pada permukaan kursi dibanding dengan permukaan keyboard komputer yang memiliki tekstur tidak rata.

Namun, jumlah bakteri yang terkonsentrasi pada suatu ruangan berbeda-beda. Faktanya, kantor yang ditempati pria ternyata lebih banyak ditemukan kumpulan spesies mikroba dibandingkan ruangan yang dihuni perempuan.

Scott Kelley, seorang ahli biologi di San Diego State University mengungkapkan dua hipotesis, mengapa bakteri lebih banyak ditemukan pada pria.

Pertama menurut Kelly, yakni mengenai kebersihan. Anggapan bahwa pria lebih jorok dibanding perempuan ternyata tidak dapat dielakkan. Penelitian terdahulu menunjukkan jika kaum pria ternyata lebih jarang mencuci tangan dan menggosok gigi mereka daripada kaum perempuan.

"Mungkin, bagaimanapun juga pria memang lebih besar. Karena pria memiliki tangan dan mulut lebih besar daripada perempuan, maka memiliki permukaan yang lebih luas juga untuk bakteri tumbuh dan berkembang biak," katamya.

Kelly menegaskan selain menyebabkan penyakit seperti influenza yang sering menyebar di sekitar kita, bakteri kantor tidak perlu ditakuti. "Saya tidak ingin orang-orang takut dengan kantor mereka sendiri," ujar Kelly.

Di negara maju, jutaan orang menghabiskan hampir 90 persen dari waktu mereka dengan berada di dalam ruangan. Berdasarkan penelitian, sebagian besar dari mereka menghabiskan delapan hingga sembilan jam setiap harinya berada di dalam kantor tanpa pergi ke luar ruangan.

Menurut Kelly ruangan di mana tempat kita menghabiskan hampir sebagian waktu dianggap sebagai "habitat manusia". Penting untuk mengetahui apa saja yang berada di dalam habitat tersebut dan darimana asalnya.

"Karena manusia adalah sumber utama bakteri di kantor, jadi kitalah salah satu yang terus-menerus menyebarkan kontaminasi pada lingkungan kita sendiri. Secara umum ini bukanlah masalah. Namun, di tempat-tempat seperti rumah sakit dan panti jompo, bahkan bakteri yang tidak berbahaya sekalipun akan menjadi masalah," kata Kelly.

Wah wah.. Rumput laut bisa picu kanker pada wanita

Posted: 07 Jun 2012 09:14 AM PDT

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi rumput laut secara teratur oleh wanita pada masa pascamenopause dapat meningkatkan risiko kanker tiroid. Mereka mengaitkan kasus ini dengan yodium yang terdapat dalam makanan makrobiotik.

Penelitian  dilakukan selama 14 tahun pada hampir 53.000 wanita Jepang yang berumur antara 40 hingga 69 tahun. Hasil penelitian menujukkan  bahwa dalam kelompok ini muncul 134 kasus kanker tiroid dan 113 kasus penyakit papiler karsinoma. Wanita yang mengonsumsi rumput laut setiap hari memiliki kemungkinan 1,7 lebih tinggi untuk terkena kanker dibandingkan wanita yang memakannya dua kali dalam seminggu.
Risiko ini bahkan bertambah dua kali lipat pada wanita yang berada pada masa pascamenopause, dan kemungkinan 3,8 kali lebih besar untuk terkena kanker dibandingkan dengan orang yang memakan sedikit rumput laut.
"Rumput laut jelas  berkaitan dengan meningkatnya risiko tekena penyakit papiler karsinoma." kata peneliti di National Cancer Center and National Institute for Environmental Studies.
Berdasarkan penelitian di European Journal of Cancer Prevention, masih belum jelas mengapa wanita pada masa pascamenopause memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker. Namun, kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan yodium yang ada pada rumput laut.

Wanita Jepang memiliki risiko yang tinggi karena mereka memiliki kebiasaan memakan rumput laut yang mengandung 80 persen yodium. Meski demikian, dalam penelitian ini tidak menyebutkan seberapa banyak rumput laut yang dikonsumsi oleh partisipan dalam  rentang penelitian tahun 2003 hingga 2007.

Strawberry dan Blueberry ternyata bisa mempertajam otak

Posted: 07 Jun 2012 09:11 AM PDT

Penelitian yang diterbitkan  jurnal Annals of Neurology menemukan bahwa wanita yang makan satu porsi atau lebih bluberi atau dua porsi atau lebih stroberi seminggu bisa menunda penuaan kognitif pada otak hingga 2,5 tahun, ketimbang dengan mereka yang makan sedikit atau tidak makan produk beri sama sekali.

Dalam temuannya, peneliti melibatkan 16.010 wanita yang ikut bagian dalam Nurse Health Study. Dalam kajiannya, peneliti telah mencatat pola makan semua wanita sejak tahun 1980, dan mengukur fungsi mental partisipan pada usia 70 tahun atau lebih dan yang tidak mengidap stroke antara tahun 1995 dan 2001.

Peneliti mengukur fungsi kognitif peserta selama wawancara lewat telepon yang dilakukan dalam interval waktu 2 tahun. Kemudian peserta diminta untuk menjalani tes memori seperti mengulang setiap percakapan yang baru di dengar atau mengingat kata-kata atau angka-angka. Hasil temuan menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak buah beri memiliki otak lebih muda 2,5 tahun daripada mereka yang tidak makan buah beri.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan tinggi flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam tanaman yang memiliki antioksidan kuat dan anti-inflamasi, terutama dari beri, berfungsi dalam mencegah penurunan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Peneliti menjelaskan, stres dan peradangan (inflamasi), keduanya dapat berkontribusi dalam penurunan fungsi kognitif, namun dengan meningkatkan asupan flavonoid hal itu dapat ditekan.

"Kami memberikan bukti epidemiologi pertama bahwa buah beri dapat memperlambat perkembangan penurunan kognitif pada wanita lansia," kata peneliti utama Dr Elizabeth Devore di Brigham and Women Hospital dan Harvard Medical School di Boston. 

"Temuan kami memiliki implikasi yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat agar dapat meningkatkan asupan beri sebagai modifikasi diet yang cukup sederhana dalam memberikan perlindungan fungsi kognisi otak pada orang dewasa yang lebih tua," tambahnya

Meskipun efek konsumsi beri terlihat sangat membantu perbaikan memori, namun peneliti mengatakan bahwa ada makanan lain yang mengandung jumlah tinggi flavonoid seperti misalnya teh, bawang dan anggur merah.

Hati hati..Suka makan ikan perkecil beresiko kanker usus

Posted: 07 Jun 2012 09:07 AM PDT

Temuan ini merupakan analisis dari hasil 41 studi sebelumnya yang mengaitkan antara konsumsi ikan dalam makanan dan diagnosa baru dan kematian akibat kanker kolorektal.

"Orang yang selama ini jarang makan ikan mungkin akan mendapat manfaat kesehatan dalam berbagai hal setelah mereka meningkatkan jumlah konsumsi ikan - seperti mengurangi risiko penyakit jantung, reproduksi, dan sekarang kanker usus besar," kata Dr Michael Gochfeld, dari University of Medicine and Demtistry, New Jersey-Robert Wood Johnson Medical School.

Namun belum diketahui apakah keuntungannya akan lebih besar jika kuantitas ikan yang dikonsumsi lebih banyak. 

Meskipun studi baru ini difokuskan secara khusus pada konsumsi ikan segar, para penulis mencatat mereka tidak dapat menentukan jenis ikan apa yang sebaiknya dikonsumsi atau bagiamana cara menyajikannya, mengingat dalam studi sebelumnya tidak dijelaskan. 

Akan tetapi menurut Dr.Jie Liang dari Xijing Hospital of Digestive Disease di Xi'an, Cina, yang ikut meneliti mengatakan, suhu memasak kemungkinan dapat mempengaruhi risiko kanker kolorektal. Ia mengatakan ada bukti yang menunjukkan konsumsi daging dan ikan yang dibakar atau dipanggang dengan api besar berkaitan dengan risiko kanker. 

Kajian Riset

Dalam temuan terbarunya, Liang dan rekan mengumpulkan data penelitian dari 41 studi yang sebelumnya sudah pernah dipublikasikan antara tahun 1990 dan 2011 yang mengukur jumlah konsumsi ikan dan diagnosa kanker. Penelitian tersebut mencakup sejumlah studi dari Amerika Serikat, Norwegia, Jepang, Finlandia, dan negara lainnya.

Secara keseluruhan, konsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko seseorang terekna kanker kolorektar dan kematian akibat kanker sebesar 12 persen.

Hasil itu didapat setelah peneliti memperhitungkan usia peserta, tingkat konsumsi alkohol dan asupan daging merah, riwayat keluarga dengan kanker, dan faktor risiko lainnya.

Dampak perlindungan konsumsi ikan terlihat sangat kuat terutama terhadap perkembangan kanker rektal (rektum) ketimbang kanker usus besar.

Orang yang mengonsumsi ikan dalam jumlah banyak mempunyai risiko 21 persen lebih rendah terkena kanker dubur ketimbang mereka yang makan ikan dalam jumlah sedikit. Namun, konsumsi ikan dalam jumlah besar hanya menurunkan 4 persen risiko kanker usus besar

"Kanker rektal kasusnya masih sangat jarang, jadi kami lebih senang bila pengurangan risiko lebih besar untuk kanker usus besar (kolon)," kata Gochfeld.

Penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Medicine, yang sebagian didanai oleh National Natural Science Foundation of China.

"Temuan ini tidak menjelaskan apakah manfaat yang akan didapatkan dari konsumsi ikan berasal dari nutrisi tertentu pada ikan, atau dengan fakta bahwa orang yang gemar makan ikan cenderung mengadopsi gaya hidup sehat, seperti menghindari daging merah atau daging olahan, "kata Gochfeld, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Jika ikan memang ada di balik penurunan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah, manfaat tersebut mungkin berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan tertentu seperti salmon dan sarden, jelas Gochfeld.

"Tetapi sekalipun kandungan omega-3 dalam lemak ikan memiliki efek perlindungan, kita tidak tahu apakah manfaatnya akan sama ketika seseorang mengambil suplemen seperti kapsul minyak ikan," tutupnya.

3 cangkir kopi dalam sehari bisa memperpanjang usia.. Apa benar?

Posted: 07 Jun 2012 09:05 AM PDT

Kabar gembira bagi Anda yang gemar minum kopi. Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih setiap hari cenderung hidup lebih lama. Bahkan, risiko kematian akibat penyebab paling umum menurun sebesar 10 persen ketimbang mereka yang tidak minum kopi. 

Ini adalah riset berskala besar yang dilakukan para ahli dari U.S. National Cancer Institute, di mana melibatkan hampir 400.000 orang. Temuan ini berlaku untuk mereka yang berusia 50-71 tahun baik peminum kopi berkafein atau tanpa kafein.
Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes, infeksi, dan cedera dan kecelakaan. Namun, peneliti menekankan, kontribusi konsumsi kopi untuk meningkatkan kesehatan masih belum jelas. Temuan ini juga tidak membentuk hubungan sebab-akibat.

"Saya pikir temuan ini benar-benar penting untuk menunjukkan bahwa penelitian kami adalah penelitian observasional. Artinya, kita hanya meminta berapa banyak mereka minum kopi dan kemudian mengamatinya," kata pemimpin riset, Neal Freedman, dari U.S. National Cancer Institute di Rockville, Md.

Freedman mengungkapkan, peminum kopi umumnya cenderung merokok lebih banyak - merupakan penyebab utama kematian. "Kami menemukan bahwa peminum kopi cenderung menghadapi risiko kematian yang lebih tinggi. Tapi ketika kita tidak menghubungkannya dengan rokok, kami menemukan hubungan terbalik." ujarnya.

Studi ini dipublikasikan pada 17 Mei 2012 dalam New England Journal of Medicine.

Untuk penelitian ini, para peneliti berfokus pada kebiasaan makan sekitar 400.000 laki-laki dan perempuan yang terlibat dalam National Institutes of Health-AARP Diet and Health Study antara tahun 1995 dan 1996. Tak satu pun dari peserta memiliki sejarah kanker, stroke atau penyakit jantung.

Setiap peserta ditanya tentang konsumsi kopi mereka, mulai dari nol sampai enam cangkir sehari atau lebih. Kondisi kesehatan partisipan dilacak sejak tahun 2008 atau sampai meninggal. Hasil penelitian menunjukkan, minum bahkan satu cangkir kopi sehari dikaitkan risiko kematian lebih rendah.

Tetapi uniknya, minum kopi tidak terkait dengan penurunan risiko kematian akibat kanker pada wanita, dan hanya memiliki dampak perlindungan pada pria saja. Efek perlindungan muncul lebih besar di antara mereka yang minum lebih dari satu cangkir sehari. Meski begitu, Freedman mencatat, hanya sedikit manfaat yang terlihat pada mereka yang minum dua cangkir sehari dan enam cangkir sehari.

"Ke depan, kita perlu benar-benar melihat komponen yang berbeda dalam kopi. Selain kafein, kopi mengandung sekitar 1.000 senyawa lain dan antioksidan, beberapa diantaranya mungkin bermanfaat dan beberapa tidak," kata Freedman.

Freedman menambahkan, cara penyajian dan pemilihan jenis kopi yang baik juga perlu dieksplorasi lebih jauh. "Kita tidak tahu apakah ini juga mempengaruhi perkembangan penyakit," jelasnya.

Freedman merekomendasikan, setiap orang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai untuk minum kopi lebih banyak. Pasalnya, riwayat kesehatan pribadi dapat mempengaruhi seberapa banyak jumlah konsumsi kopi yang boleh Anda terima.

Tidak suka serat? Diabetes dan serangan jantung mendekat

Posted: 07 Jun 2012 08:58 AM PDT

Seperti yang dirilis dalam Journal of Clinical Endokrinologi and Metabolism, para peneliti dari Georgia Health Science University mengamati 559 remaja berusia 14-18 tahun di Augusta, Georgia. Para remaja mengonsumsi rata-rata sekitar sepertiga dari jumlah harian serat yang direkomendasikan. Hanya sekitar 1 persen dari remaja memenuhi asupan serat harian yang direkomendasikan dari 28 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

Analisa studi menunjukkan, remaja yang tidak makan cukup serat cenderung memiliki perut lebih besar dan tingkat inflamasi yang tinggi dalam darah mereka. Kedua kondisi tersebut merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan diabetes. Meski demikian, peneliti memperingatkan, hubungan antara diet rendah serat dan risiko penyakit jantung dan diabetes pada remaja tidak membuktikan adanya hubungan sebab-akibat.

Dalam temuan tersebut, diketahui pula bahwa diet rendah serat berkaitkan dengan kadar lemak tubuh yang tinggi pada remaja wanita, tetapi tidak demikian halnya pada laki-laki.

"Pesan sederhana adalah remaja perlu makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian. Kita perlu mendorong rekomendasi untuk para remaja supaya meningkatkan asupan serat," kata Dr Norman Pollock, peneliti dan ahli biologi tulang dari Georgia Health Science University.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), makanan yang tergolong tinggi serat adalah gandum, sereal, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran tertentu (yang tidak terlalu matang).

Peneliti berpesan, setiap anak remaja perlu mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari hubungan dan risiko dari diet, kurang olahraga dan kegemukan. Namun, diakui peneliti bahwa mengajak anak-anak dan remaja untuk makan lebih banyak serat akan cenderung lebih sulit. Pasalnya, mereka cenderung lebih senang memilih makanan olahan. Sementara efek samping dari makan lebih banyak serat dapat mengakibatkan sering buang angin, kembung dan diare.

Minum 8 gelas tiap hari ternyata cuma mitos

Posted: 07 Jun 2012 08:55 AM PDT

Di Australia, memang direkomendasikan agar setiap hari seorang pria dewasa minum 3,4 liter air putih, sedangkan wanita 2,8 liter. Namun, tidak semuanya harus air putih.
Menurut Spero Tsindos dari La Trobe University, kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, jus, dan bahkan dari minum teh dan kopi. "Bila Anda haus, maka minum apa saja. Tidak harus air putih," kata Tsindos seperti dikutip berbagai media Australia, Rabu (6/6/2012).
"Saya juga tidak mengatakan Anda tidak harus minum air putih. Namun, keperluan minum air putih 2 liter secara teratur tidak memiliki dasar sama sekali, alias mitos belaka."

"Kita harus mengatakan kepada masyarakat awam bahwa teh dan kopi juga menjadi bagian dari kebutuhan cairan tubuh seseorang, dan meskipun ada kandungan kafein, teh dan kopi tidak membuat dehidrasi." tambah Tsindos.
Ia juga mengatakan, minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak juga tidak ada gunanya karena akan keluar lagi sebagai air kencing. Minum air putih sebagai bagian dari diet untuk mengurangi berat badan juga tidak ada gunanya bila tidak disertai dengan latihan fisik ataupun diet rendah kalori.

"Dan, semakin banyak bukti menunjukkan air putih dan diet yang seimbang lebih berguna dibandingkan sekadar minum air putih saja," tulis Tsindos dalam Jurnal Kesehatan Publik Australian dan Selandia Baru.
"Air putih penting bagi kesehatan, tetapi rekomendasi delapan gelas sehari tidaklah memiliki dasar ilmiah yang jelas," kata Tsindos.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, pakem delapan gelas air sehari ini tampaknya berasal dari petunjuk yang diterbitkan di Amerika Serikat pertama kalinya pada tahun 1945. Akademi Sains Australia sendiri merekomendasikan agar setiap orang minum 2,5 liter air sehari.

Kulit mangga ternyata bisa melangsingkan tubuh

Posted: 07 Jun 2012 08:53 AM PDT

Dalam temuannya, peneliti Australia menemukan bahwa kulit dari dua varietas mangga yang umum dijumpai yaitu mangga "Irwin" dan mangga "Nam Dok Mai", mengandung konsentrasi tinggi bioaktif yang mampu menghambat perkembangan sel-sel lemak manusia.

"Kita tahu mangga memiliki banyak sifat gizi sangat baik, tetapi butuh lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami senyawa alami yang kompleks yang ditemukan dalam mangga dan buah-buahan lainnya," kata peneliti, professor Mike Gidley dari Queensland Alliance.

Gidley mengatakan bahwa temuan ini bukanlah sesuatu yang aneh, karena kulit luar buah memang memiliki komposisi kimia yang sangat berbeda dengan daging buah.

"Analisis kimia lebih rinci dari kulit dan daging sangat berharga bagi petani mangga dan prosesor, yang selalu mencari cara baru untuk menambahkan daftar manfaat lain dari buah mangga," tambahnya.

Dalam kajiannya, peneliti menganalisis komponen kimia buah dengan mengambil ekstrak metanol dari kulit dan daging, dari tiga jenis buah mangga, seperti Irwin, Nam Dok Mai dan Kensington Pride.

Hasil analisa diketahui bahwa ekstrak kulit mangga jenis Kensington Pride dapat mempromosikan adipogenesis atau menyimpan sel-sel lemak, ketimbang dua jenis mangga lainnya. Sedangkan jenis buah mangga Irwin dan Nam Dok Mai secara signifikan justru mampu menghambat adipogenesis (proses awal sel lemak berubah menjadi sel lemak matang).

Namun kesamaannya, ekstrak daging mangga dari ketiga jenis mangga tersebut sama-sama tidak mampu menghambat penyimpanan lemak.

Profesor Greg Monteith dari University of Queensland School of Pharmacy mengatakan, ada banyak alasan mengapa kulit mangga memiliki kemampuan untuk mengikis lemak, sedangkan daging buahnya tidak.

"Sebuah interaksi yang kompleks dari senyawa bioaktif yang unik pada ekstrak kulit mangga mungkin bertanggung jawab atas hal ini, bukan karena komponen tunggal didalamnya," kata Monteith.

Temuan ini dipublikasikan dalam journal Food & Function. Peneliti berpendapat, temuan mereka dapat membantu produsen mengembangkan varietas buah mangga yang secara aktif membantu mengurangi obesitas.

"Obesitas dikaitkan dengan banyak kondisi penyakit kronis seperti diabetes mellitus, penyakit koroner dan kanker tertentu seperti payudara dan usus besar. Ada semakin banyak bukti yang mengaitkan peran senyawa phytochemical dalam penghambatan adipogenesis dan perlindungan terhadap obesitas," jelas peneliti.

"Hasil ini menunjukkan bahwa perbedaan dalam komposisi fitokimia antara kultivar mangga dapat mempengaruhi efektivitas mereka dalam menghambat adipogenesis dan beralih membidik kulit buah mangga sebagai sumber potensi Nutraceuticals (makanan yang memberikan manfaat kesehatan)," peneliti menyimpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar